Sukses

Begini Cara Merawat Karburator Honda Win yang Legendaris

Liputan6.com, Jakarta - Honda Win kini kembali jadi salah satu motor yang jadi incaran pecinta kendaraan roda dua. Bahkan, harganya kembali melambung tinggi, karena permintaan yang cukup tinggi.

Namun, memiliki Honda Win, si empunya motor harus rela melakukan perawatan lebih ekstra. Pasalnya, kuda besi dari pabrikan berlambang sayap mengepak ini, masih menggunakan sistem pengabutan karburator.

Masalah yang sering terjadi untuk motor dengan karburator, adalah banjir atau ada rembesan bensin. Apabila masalah tersebut dibiarkan saja, tentu akan mengganggu performa sepeda motor.

Sebenarnya karburator banjir tidak akan menganggu kinerja mesin. Namun apabila bensin mengucur terus, maka bahan bakar akan terbuang sia-sia.

Ada beberapa penyebab karburator banjir, seperti usia pakai karburator yang terlalu lama dan tidak dipernah diservis. Padahal karburator berperan sangat penting terhadap sistem pembakaran motor.

Berikut, tips melakukan perawatan karburator Honda Win dengan baik dan benar, disitat dari laman Astra Motor:

Kebocoran karbu memang harus segera diperbaiki. Tentu pengguna tidak ingin terjadi masalah yang tidak dinginkan di motor kesayangan.

Terlebih kebocoran karburator sering kali tidak terlihat secara visual, sehingga kita tidak tahu apakah karburator motor banjir atau tidak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tanda-tanda karburator banjir:

1. Kaburator yang mengalami banjir dapat menyebabkan mesin sudah dihidupkan. Namun, hal tersebut tidak mengganggu performa mesin

2. Ketika motor dipanaskan akan mati dengan sendirinya

3. Muncul bau bensin yang dikeluarkan knalpot

4) Akan terasa lebih boros, karena bensin terbuang begitu saja

5. saluran ventilasi karburator akan meneteskan bensin

6. Karburator banjir akan menyebabkan tetesan ke ruang udara

7. Tanda-tanda karburator banjir di atas harus kita ketahui agar kita dapat memutuskan untuk memperbaiki karburator ataupun mengganti dengan karburator baru

Berikut Cara mengatasi karburator yang banjir :

1. Hal pertama pemilik bisa melakukan pembongkaran agar dapat mengetahui dimana yang mengalami kerusakan atau karena salah seting, kemudian kita mengecek bagian needlve valve atau sistem pelampung supaya dapat bekerja seperti semula

2. Lepaskan mangkuk karbu yang terletak dibawah karburator, kemudian cek apakah pelampung masih layak dipakai atau tidak.

3. Kemudian cukup menekan pelampung ke bawah dengan hati-hati karena apabila berlebihan dapat mengakibatkan kebengkokan pada lengan needle valve, pastikan mengecek kondisi needle valve memiliki permukaan rata.