Sukses

3 Hoaks Seputar Drone Viral di Media Sosial, Simak Faktanya

Hoaks seputar drone telah diungkap Cek Fakta Liputan6.com setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta- Drone menjadi salah satu alat serbaguna untuk membantu aktivitas manusia, kemajuan teknologi tersebut pun tak luput dari serangan hoaks.

Hoaks seputar drone telah diungkap Cek Fakta Liputan6.com setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi viral di media sosial.

Agar tak menjadi korban hoaks seputar drone, simak daftarnya di sini.

Video Drone Iran Nyangkut di Kabel Listrik Wilayah Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 April 2024.

Unggahan klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel menampilkan sebuah benda dengan bentuk menyerupai pesawat terlihat menyangkut pada bentangan kabel di udara.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah israel"

Benarkah klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Drone Menembaki Orang Berkumpul di Malaysia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video drone tembaki orang yang berkerumun di Malaysia. Video tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Maret 2021.

Video yang diunggah berdurasi 32 detik, menampilkan adanya sebuah benda terbang mengeluarkan sinar yang mengarah pada sejumlah orang.

Dalam video terdapat narasi sebagai berikut "Duduk dalam rumah jangan keluar, duduk dalam rumah masing-masing jangan keluar berkumpul.

Unggahan video tersebut juga diikuti dengan keterangan sebagai berikut:

"Di Malaysia, orang yang pada berkerumun ditembaki menggunakan drone."

Benarkah klaim video drone menembaki orang yang berkerumun saat pandemi di Malaysia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

3 dari 4 halaman

Order Indomie di Nigeria Pakai Drone

Netizen dihebohkan dengan video yang menggambarkan sebuah drone mengantarkan pesanan satu dus Indomie. Disebutkan kalau order Indomie memakai order ini di Lagos, Nigeria.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun yang mengunggah video drone mengantar satu dus Indomie di Lagos, yakni Segun Availeth Oyedele, Imo Udoima, dan Apati Ego.

Dalam video tersebut, drone tersebut juga menyediakan pembayaran dengan kartu. Begini narasi yang ada di video tersebut dalam akun Apati Ego:

"Pengiriman di Lagos menggunakan drone. Tonton video pengiriman Indomie pakai drone. Seberapa efektif hal ini di Lagos?"

Lalu benarkah ada pengiriman satu dus Indomie menggunakan drone di Lagos, Nigeria? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini