Sukses

Cek Fakta: Video Hoaks Order Indomie di Nigeria Pakai Drone

Video drone mengantar satu dus Indomie di Lagos sudah ada di internet sejak 26 Agustus 2020.

Liputan6.com, Lagos - Netizen dihebohkan dengan video yang menggambarkan sebuah drone mengantarkan pesanan satu dus Indomie. Disebutkan kalau order Indomie memakai order ini di Lagos, Nigeria.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun yang mengunggah video drone mengantar satu dus Indomie di Lagos, yakni Segun Availeth Oyedele, Imo Udoima, dan Apati Ego.

Dalam video tersebut, drone tersebut juga menyediakan pembayaran dengan kartu. Begini narasi yang ada di video tersebut dalam akun Apati Ego:

"Pengiriman di Lagos menggunakan drone. Tonton video pengiriman Indomie pakai drone. Seberapa efektif hal ini di Lagos?"

Lalu benarkah ada pengiriman satu dus Indomie menggunakan drone di Lagos, Nigeria?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video tersebut untuk mencari kebenaran informasi tersebut. Kemudian, tangkapan layar itu dimasukkan ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasil penelusuran menggunakan gambar terbalik itu diketahui kalau video tersebut dihasilkan oleh alat verifikasi InVID-WeBerify. Video tersebut sudah ada di internet sejak 26 Agustus 2020.

Pengguna akun Twitter dengan nama Uche Anisiuba menjadi orang pertama yang mengunggah video tersebut. Uche Anisiuba menggambarkan dirinya sebagai salah satu pendiri perusahaan produksi konten di Nigeria, Quadron Studios.

Untuk unggahan video tersebut, Uche Anisiuba memberikan keterangan sebagai berikut:

"Kemarin, saya kehabisan Indomie, perlu mengisi ulang dengan cepat, tidak pernah tahu kalau kami memiliki layanan pengiriman drone di Lagos."

Video tersebut menjadi ramai di media sosial. Banyak netizen yang mengira kalau video tersebut nyata. Karena ramai dan menjadi perbincangan netizen, Uche Anisiuba pun berbicara mengenai kebenaran video tersebut.

"Ini efek visual 3D. Seperti yang mereka gunakan di (film) Avengers," kicaunya.

Media asing, AFP juga membuat artikel yang membantah video ini dengan judul: "This video is a Nigerian artist’s animation of a drone delivering instant noodles". Artikel itu dipublikasikan pada 28 September 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang menyebut order Indomie di Lagos, Nigeria menggunakan drone adalah hoaks. Faktanya, dengan menggunakan gambar terbalik itu diketahui kalau video tersebut dihasilkan oleh alat verifikasi InVID-WeBerify.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini