Sukses

Honda Nova Pop 110i ES, Motor Bebek Bertampang Unik

Honda merilis motor bebek dengan tampang tak biasa di Brasil. Dia adalah Honda Nova Pop 110i ES. Tampangnya betul-betul berbeda dibanding model yang biasa ditemui di Indonesia maupun pasar Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Honda merilis motor bebek dengan tampang tak biasa di Brasil. Dia adalah Honda Nova Pop 110i ES. Tampangnya betul-betul berbeda dibanding model yang biasa ditemui di Indonesia maupun pasar Asia Tenggara. 

Kalau berdasar katalog di sana, Honda Nova Pop 110i ES generasi kelima menjadi model paling murah, yakni dibanderol R$9.690 atau setara Rp30 jutaan.

Dirancang sangat sederhana tanpa fitur canggih, motor bebek ini dipasarkan guna menyasar segala segmen konsumen.

Nah, ada sejumlah ubahan terjadi dibanding model sebelumnya. Pertama, dari segi keluaran tenaga diklaim telah meningkat 6 persen dan torsi puncak naik 5 persen.

Mari tengok mesin yang mirip seperti kepunyaan Honda Revo. Nova Pop 110i ES memiliki sistem OHC, silinder tunggal 4 tak, berpendingin udara & oli mesin 800 cc.

Adapun kapasitas silinder 109,5 cc berikut diameter kali langkah 47 mm x 63,1 mm dan rasio kompresi 10:1. Artinya ia sanggup meminum bensin dengan RON rendah, sekelas Pertalite.

Pengabutan bahan bakar sudah berbekal injeksi elektronik PGM-FI. Tenaga dihasilkan mencapai 8,55 PS di 7.250 rpm. Kemudian torsi maksimal 9,26 Nm pada 5.000 rpm.

Penyaluran tenaga tetap menggunakan girboks manual 4-speed, tapi model terbaru sudah semi otomatis. Jadi tak lagi pakai tuas kopling.

Menurut Honda, sistem ini digunakan agar memudahkan pengguna dalam melesat di berbagai medan jalan.

Kemudian peranti pengereman dibuat seperti skutik. Ia mengadopsi penghelaan laju kendaraan combi brake (CBS) supaya semakin aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lain

Untuk dimensi Honda Nova Pop 110i ES memiliki panjang 1.843 mm, lebar 727 mm, tinggi 1.031 mm. Kemudian jarak sumbu roda 1.238 mm, ground clearance 137 mm, tinggi jok dari tanah 745 mm serta bobot total kendaraan 87 kg.

Travel depan 100 mm dan suspensi belakang 79 mm. Seluruh pengereman gunakan tromol berdiameter 110 mm. Ukuran ban depan 60/100 mm ring 17 inci dan belakang 80/100 mm 14 inci.

Sayang ia tidak gunakan rem cakram di depan supaya lebih aman. Nah, yang bikin unik selain bentuk sayap samping. Sepatbor di depan bergaya trail, diposisikan lebih tinggi.

Kemudian di belakang ditambah sepatbor kolong supaya kotoran tidak nyiprat. Handle (behel) bukan dipasang di ujung ekor, melainkan di samping bodi.

Honda Nova Pop 110i kini memiliki embel-embel ES. Maksudnya, sekarang motor sudah berbekal electric starter. Kalau di model lama hanya diberi kick starter saja.

Kemudian bagian cluster meter semuanya gunakan jarum analog. Difungsikan untuk melihat kecepatan, odometer dan jumlah bensin dan indikator lain.

Hanya ada tiga pilihan warna di Brasil, berupa: ross white, fighting red, preto black. Dengan kelengkapan sederhana dan harga sebesar itu. Apakah kemahalan?

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini