Sukses

Begini Cara Berkendara Motor yang Aman dan Enggak Bikin Cepat Lelah

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara sepeda motor menjadi rutinitas sehari-hari bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan, dengan kendaraan roda dua ini, sang pemilik bisa menempuh jarak yang cukup jauh dalam sehari untuk menuju satu tujuan dan tujuan lainnya.

Melihat hal tersebut, bagi pengendara motor, ada yang harus diperhatikan, khususnya posisi tubuh saat berkendara motor agar lebih aman dan tidak cepat lelah.

Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta mengungkapkan beberapa tips terkait posisi berkendara ergonomis.

"Posisi tubuh ikut mempengaruhi keselamatan berkendara dan juga daya tahan tubuh saat berkendara. Tidak jarang banyak pengendara ternyata salah menempatkan posisi tubuh saat berkendara motor, sehingga memperburuk pengendalian motor dan juga menyebabkan mudah lelah saat berkendara," tutur Danang Hermanto, dalam siaran persnya, Rabu (25/5/2022).

Selengkapnya, berikut tips berkendara motor yang lebih aman dan tidak cepat lelah:

1. Sesuaikan posisi duduk denngan postur pengendara, serta dalam posisi santai dan duduk di tengah jok motor, tidak terlalu maju atau mundur, maupun miring ke samping.

Hal ini sangat penting, karena bila posisi duduk tidak pas di tengah, akan mengganggu keseimbangan dan efek buruknya tubuh akan lebih cepat lelah.

2. Posisikan kaki di tempat injakan kaki yang sudah disediakan. Posisi kaki mendekap tangki untuk motor sport atau berada di dalam cover depan untuk motor matik untuk menjaga keseimbangan, sehingga pengendalian motor akan lebih mantap dan tubuh tidak mudah lelah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Lemaskan otot bahu dan siku saat memegang setang motor. Saat berkendara tentu pengendalian motor juga bertumpu di tangan.

Posisikan bahu dan siku seolah-olah memeluk bola besar atau membentuk huruf O. Posisikan genggaman tangan di setang dengan santai dan kekuatan yang cukup.

Dengan begitu, lengan bisa lebih nyaman dan pengendalian motor bisa lebih leluasa.

4. Pandangan luas ke depan, arahkan pandangan dan kepala luas ke depan, dengan ini bisa mengantisipasi kondisi jalanan lebih baik.