Sukses

Inikah Calon Motor Adventure Terbaru Honda?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pabrikan besar, Honda terus berinovasi dalam menyiapkan produk baru. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Terbaru, Honda diketahui mengajukan merek dagang NX dan NX500 di Uni Eropa. Sehari kemudian nomenklatur tersebut terdaftar di aplikasi merek dagang lain di Selandia Baru.

Hal itu mengisyaratkan bahwa pabrikan motor asal Jepang sedang mengembangkan kuda besi tualang baru. Besar kemungkinan unit yang ditawarkan nanti identik dengan NX Dominator series. Unit yang pernah dijual era 80an hingga awal milenium baru.

Pabrikan berlogo ‘sayap kepak’ memang sejak dulu dikenal mengambil pendekatan yang berbeda dalam hal sepeda motor kelas menengahnya.

Tidak seperti rekan-rekannya, Big Red selalu mengambil jalannya sendiri di segmen 400 hingga 800 cc. Pihaknya selalu memiliki produk yang secara teknis tak tertandingi dalam kategorinya masing-masing.

Misalnya, kisaran model ramah-pemula berdasarkan platform CB500, begitu pula buat kelas 650 cc hingga 700cc, pihaknya menawarkan naked bike CB650R dan sportbike CBR650R.

Honda NX adalah model dual-sport populer yang diproduksi dari 1988 hingga 2002. Ditawarkan dalam beberapa kapasitas mesin. Dan diakhiri dengan NX650 Dominator yang produksinya berhenti di awal milenium baru. Kuda besi ini mengadopsi mesin ringan dan lebih serbaguna.

Karena antusiasme sepeda tualang di semua kelas kapasitas terus meningkat, pihaknya ingin kembali menghidupkan produk yang dulu pernah tenar. Dengan fokus khusus pada mesin yang terinspirasi oleh popularitas Reli Dakar di akhir 80-an. Masuk akal bagi Honda untuk menggali warisannya itu.

Apalagi Honda memamerkan tren kebangkitan nama model lama seperti Hawk dan Transalp. Keduanya dibangun berdasarkan pada platform yang sudah ada. Dengan itu, bisa berharap NX juga mendapat perlakuan yang sama. 

Sementara model NX sebelumnya dikenal luas dengan branding Dominator yang mereka kenakan. Tapi itu mungkin bukan pilihan tepat bagi Honda.

Pasalnya Norton telah memegang hak merek dagang atas lencana Dominator di sebagian besar dunia. Sedang merek dagang Dominator terakhir yang terdaftar di Honda, telah dihapus pada 2019 karena tidak lagi digunakan. Alhasil, pabrikan roda dua asal Jepang itu bakal menggunakan nama 'NX'.

Kuda besi dari Honda yang memakai nama NX, termasuk NX500 lama menggunakan mesin silinder tunggal. Namun, sepertinya NX500 baru bakal mengusung enjin twin paralel.

Pabrikan Jepang ini kemungkinan pakai jantung mekanis kembar 471cc berpendingin cairan dari jajaran CB500  sebagai basis motornya. Bisa menghasilkan tenaga puncak 47 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 43,2 Nm pada 6.500 rpm.

Memang, cara paling sederhana untuk membuat sport ganda bergaya retro di kelas kapasitas itu adalah dengan memasang ulang CB500X. Tinggal menyesuaikan bodi plastik yang terinspirasi di era 80-an, dan menyelaraskannya lebih dekat dengan Africa Twin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Masih Spekulasi

Peluang Honda untuk mengambil rute itu tampaknya didukung oleh fakta ketika perusahaan mengajukan merek dagang nama "NX400" di Singapura. Ia merupakan unit CB500X yang ditawarkan dalam bentuk 399cc. Dijual juga di beberapa pasar Asia.

Tahun lalu, pihaknya juga mengajukan hak atas nama "NX200" di India dan "NX150" di Indonesia, menunjukkan bahwa sepeda motor yang lebih kecil dengan tampilan serupa sedang dipersiapkan untuk pasar tersebut.

Sekali lagi, itu mencerminkan apa yang dilakukan Honda di masa lalu, karena Dominator lama ditawarkan dalam kapasitas mulai dari 125cc hingga 650cc selama masa kejayaannya.

Kabar terbaru, render dari NX yang lebih kecil telah muncul. Informasi yang beredar bakal menjadi NX 200. Unit ini diharapkan menggunakan perangkat keras dari CB200X yang sudah dipasarkan di India.

Modelnya berorientasi off-road, seperti penggunaan pelindung tangan, knalpot di bawah ekor, dan pelat bash. Sementara bagian ban hanya bersifat sementara.

Karena keduanya menggunakan arsitektur dan gaya yang serupa, kemungkinkan untuk mengekstrapolasi NX sangat besar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dari render desain NX 200 bakal diberikan pada NX 500.

Namun sejauh ini segala sesuatu seputar masa depan NX masih murni spekulasi. Kita hanya harus sabar menunggu dan melihat apa yang dilkukan oleh Honda di masa mendatang.

Sumber: Oto.com