Sukses

Angka Kecelakaan Arus Balik Mudik Lebaran 2022 Menurun Drastis

Liputan6.com, Jakarta - Rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap arus balik mudik Lebaran 2022, dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek resmi berakhir pada Senin (9/5/2022) dini hari.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengatakan kebijakan ini diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik Lebaran yang sudah mulai lancar.

"Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5 (Mei), kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6 (Mei)," kata Firman.

Lanjut Firman, ia juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat selama arus mudik dan balik. Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," ujarnya.

Selama operasi, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

“Alhamdulillah seluruhnya bisa kami selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kami jadikan bahan evaluasi ke depan,” tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Turun 31 Persen

Sementara berdasarkan data, Firman menyebut angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen.

Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik lebaran 2019 periode sebelum pandemi covid-19.

“Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilaturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covidnya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta,” terangnya.