Sukses

Menerka Harga Aprilia SR GT 200 Jika Masuk Indonesia

PT Piaggio Indonesia (PID) melakukan pengenalan produk terbaru Aprilia SR GT 200 saat sesi latihan bebas pertama MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika

Liputan6.com, Jakarta - PT Piaggio Indonesia (PID) melakukan pengenalan produk terbaru Aprilia SR GT 200 saat sesi latihan bebas pertama MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3). Dengan kehadirannya di Tanah Air, membuktikan  keseriusan Aprilia Indonesia berekspansi ke segmen motor yang lebih bisa dijangkau konsumen dari segi harga.

Kita tahu, sejak pertama kali hadir di pasar domestik, mereka lebih berfokus pada produk sport berkubikasi mesin besar. Sementara dari sisi harga, kita ambil contoh saja untuk produk termurah yang dijual saat ini adalah Aprilia Shiver 900, maharnya adalah Rp555 juta OTR Jakarta.

“Ini adalah waktu dan kesempatan yang tepat untuk meningkatkan exposure dan engagement kami di Indonesia. Di mana ke depannya dipastikan akan lebih banyak informasi menarik lainnya dari Aprilia bagi konsumen Tanah Air,” ungkap Manajer Komunikasi dan Humas PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari.

Bila merujuk laman resmi Aprilia Indonesia, siluet dari motor ini memang sudah ditampilkan. Belum ada keterangan dari segi harga, spesifikasi, dan kelengkapan fiturnya. Mereka hanya memastikan jika motor ini akan segera dijual dengan informasi produk bertuliskan "Coming Soon".

Sekadar informasi, Aprilia SR GT 200 pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA Milan, Italia 2021 lalu. Dari desain yang dibawa, motor ini menggabungkan antara DNA motor sporty dan juga adventure khas benua Eropa.

Visual sporty-nya dituangkan lewat desain body depan dan headlamp yang sekilas mirip dengan motor sport full fairing Aprilia RS 660 lewat penggunaan lampur Tri-LED.

Sementara nuansa petualangnya dihadirkan lewat konstruksi kaki-kaki, misalnya suspensi depan dengan travel panjang, pengaplikasian ban dual purpose, dan rancang ground clearance yang tinggi.

Sementara dari samping, ciri khas Aprilia konsisten, dia tak memiliki dek yang merata dan dipisahkan dengan bodi di tengah yang sepertinya jadi tempat tangki bahan bakar. Secara umum, tampilan skutik ini punya tarikan bodi yang tegas, tidak kaku, dan sporty. Itu bisa dilihat dari beberapa cekukangan bodi di depan, samping, sampai belakang.

Aprilia SR GT 200 menopang mesin berkubikasi tepat 174 cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi juga. Nah, dengan rancang itu, dia mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm.

Untuk mengimbang output mesin yang dihasilkan, motor ini dibekali dengan sistem pengereman cukup apik. Di depan misalnya, didukung dengan pengereman cakram yang sudah terintegrasi dengan ABS (Anti-lock Braking System). Adapun di bagian belakang dikawal dengan pengereman cakram tunggal non ABS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkiraan Harga

Urusan akomodasi dan angkut barang, Aprilia SR GT 200 memiliki beberapa slot penyimpanan di bagian dek depan. Sementara kompartemen utama di bawah jok memiliki kapasitas yang besar sampai 25 liter.

Dengan kapasitas mesin, fitur, dan teknologi yang dibawa oleh Aprilia SR GT 200 rasanya motor ini akan lebih cocok jika bermain di segmen matik kelas 150 sampai 160 cc. Sudah pasti jika nantinya resmi dirilis, motor ini akan menantang Honda ADV 150, Yamaha NMax 155, atau Honda PCX 160.

Kendati demikian, soal harga yang akan diset untuk Aprilia SR GT 200 di Indonesia masih tanda tanya. Sebagai referensi saja, di Malaysia motor ini dikabarkan akan dijual dengan harga 23.000 RM atau setara Rp 78 jutaan. Sementara di Jepang motor ini dilepas dengan nominal Rp 68 jutaan.

Nah jika nantinya Aprilia SR GT 200 dijual dengan harga mirip-mirip seperti di Malaysia atau Jepang, kans dia untuk bertarung dengan PCX, NMax atau ADV 150 cukup sulit.

Gap harganya lebih mahal 2 kali lipat, dan kemungkinan besar segmen yang dituju oleh Aprilia berbeda dengan pabrikan motor asal Jepang lainnya.

Jadi kita tunggu saja kejutan dari PID nanti, tentu akan menarik jika harga yang ditawarkan bisa lebih kompetitif dari negara lain. Anda salah satu yang menantikannya?

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini