Sukses

Paten Sudah Terdaftar, Mobil Listrik Wuling Mini EV Meluncur Sebentar Lagi?

Teka-teki kehadiran mobil listrik mungil milik Wuling, Mini EV di Indonesia sedikit demi sedikit mulai terkuak

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki kehadiran mobil listrik mungil milik Wuling, Mini EV di Indonesia sedikit demi sedikit mulai terkuak. Terbaru, gambar paten dari kendaraan yang bakal menggunakan basis Global Small Electric Vehicle (GSEV) ini sudah mulai didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Dilihat dari data berita resmi desain industri, Jumat (25/2/2022), dengan nomor permohonan A00202200021 dan A00202200022, terdapat dua varian yang didaftarkan oleh SAIC GM Wuling Automobile Co., LTD.

Daftar tersebut, diterima pada 7 Januari 2022, dan diumumkan pada 25 Januari 2022.

 

 

Dilihat dari gambar patennya, mobil ini memiliki dimensi yang cukup kecil, dengan konfigurasi dua pintu. Perbedaan terlihat dari jendela di pilar B. Untuk ukuran kaca yang lebih kecil, merupakan mobil dengan konfigurasi dua tempat duduk sedangkan kaca yang lebih besar merupakan empat tempat duduk.

Desas desus terkait kehadiran Wuling Mini EV di Indonesia ini memang sudah santer terdengar dari beberapa waktu lalu. Wuling Motors sendiri, bakal menjual berbagai lini mobil listrik dengan platform GSEV di Indonesia, mulai 2022.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengungkap, platform GSEV merupakan langkah berikutnya dalam persiapan Wuling untuk ikut serta di kancah pasar mobil listrik Indonesia.

"Kami berharap pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran lebih jelas lini produk EV Wuling yang akan dipasarkan di Tanah Air pada 2022. Basis GSEV sendiri telah mendapatkan respons yang baik di pasar Tiongkok dan memiliki beragam lini produk," kata Danang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Platform GSEV

Aspek pertama dari GSEV, jelas dia, adalah dimensi kompak dan nyaman. Berkat ukurannya yang kecil, platform GSEV menjadi mudah untuk parkir. Akan tetapi hal itu tidak mengurangi kelegaan kabin yang disajikan. Tercatat ada dua konfigurasi bangku yang bisa diaplikasikan pada mobil listrik Wuling, yakni dua bangku ataupun empat bangku.

Aspek keduanya ialah cocok untuk pengunaan sehari hari. Platform ini turut mengedepankan kemudahan dalam pemakaiannya. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan jarak tempuh mulai dari 120km sampai dengan 300km serta dukungan pengisian baterai yang mudah dan didukung fasilitas fast charging.

Berbagai fitur pintar juga melengkapi platform ini seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command. Aspek keselamatan berkendara turut menjadi pilar penting GSEV dengan dukungan rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.