Sukses

Megacar Koenigsegg Hadir di Indonesia, Bakal Jadi Buruan Para Sultan

Koenigsegg menunjuk TDA Luxury Toys sebagai agen pemegang merek (APM) di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Koenigsegg menunjuk TDA Luxury Toys sebagai agen pemegang merek (APM) di Indonesia. Dengan hadirnya Koenigsegg di Indonesia tentunya akan memudahkan para pecinta otomotif Tanah Air untuk memiliki megacar asal Swedia tersebut.

"Kami merasa terhormat dengan penunjukan sebagai APM brand Koesignegg ini yang tentunya akan menambah portfolio kami. Di samping itu, dengan pengalaman pengalaman kami di segmen mobil sport dan supercar akan memperkuat posisi kami di industri otomotif Indonesia," terang CEO TDA Luxury Toys, Welly, di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Menurut Welly, ini merupakan momen yang tepat bagi Koenigsegg untuk hadir di Indonesia. Infrastruktur yang sudah semakin baik dan terlebih lagi merek ini sudah lama diidam-idamkan para pecinta otomotif Tanah Air.

"Menurut saya, megacar di Indonesia mungkin sudah waktunya. Kita bisa lihat infrastruktur sudah sangat baik. Jalan Tol Jakarta - Surabaya juga sudah tersambung, jalanan di Jakarta juga umumnya sudah bagus, kondisi Indonesia juga sudah lebih maju dari sebelum-sebelumnya jadi ini waktunya untuk kita menghadirkan megacar di Indonesia," ujar Welly.

TDA Luxury Toys sendiri baru akan melakukan peluncuran Koenigsegg pada pertengahan Maret 2022. Nantinya akan ada dua megacar yang bakal diperkenalkan.

"Rencananya bulan depan (19 Maret 2022) sebelum puasa. Ada dua mobil yang akan kami kenalkan, Koenigsegg Gemera dan Jesko," kata Welly.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, sejauh ini pihaknya belum membuka buku pemesanan mobil berperforma tinggi tersebut. Dan ia juga menyampaikan jika waktu tunggu mobil cukup lama.

"Koenigsegg ini unitnya sangat rare. Contoh, Jesko hanya diproduksi 125 unit di dunia, kalau Gemera hanya 300 unit di dunia. Jadi sampai saat ini kami belum buka penjualan," ujar Welly

"Jadi untuk indennya antara 3-4 tahun, itupun kalau dapat slot. Kalau untuk kisaran harga juga masih dalam perhitungan. Belum final," sambungnya.

Menurut dia, antrean untuk masuk jalur produksi yang menjadi waktu inden jadi begitu lama. "Yang membuat lama itu antrean produksinya, kalau proses perakitannya sendiri paling dua (2) bulan," imbuhnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Slot Sangat Terbatas

Welly juga menerangkan jika Indonesia hanya mendapat slot sebanyak dua unit, yang terdiri dari Gemera dan Jesko. Mengenai deposit untuk mendapatkan slot pembelian mencapai puluhan juta rupiah.

"Slot Indonesia cuma dua unit, itupun untuk dua tahun. Tapi kami sedang coba kalau bisa dua unit ini untuk setahun. Untuk deposit slot kira-kira 5.000 Euro atau setara Rp 80 jutaan," jelasnya.

Karena yang dijual bukan lah mobil sembarangan, maka TDA Luxury Toys juga akan menjaga layanan aftersales service bagi konsumen Konigsegg.

"Jadi mengenai spare part, skill dari teknisi kami juga tak perlu diragukan karena mekanik kami di-training di pabrik Koenigsegg selama enam bulan. Jadi kalau misalkan ada problem untuk penanganannya bisa cepat," katanya.

Untuk diketahui, untuk pengerjaannya nanti bisa dilakukan di TDA Service Center yang berada di daerah Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Selain itu TDA Luxury Toys juga akan memberikan semacam pelatihan bagi pembeli Koenigsegg.

"Kami pasti memberikan informasi bagaimana cara mengoperasikan ini mobil mengingat horse power-nya yang sangat besar," tutur Welly.

3 dari 4 halaman

Tenaga Super Besar

Untuk diketahui, Koenigsegg Gemera merupakan megacar pertama yang berkonfigurasi empat penumpang.

Menariknya, mobil ini menggunakan model pintu dehidral yang panjang sehingga penumpang yang tinggi sekalipun tidak perlu menunduk saat keluar pintu.

Mobil ini memiliki mesin yang begitu bertenaga dengan konfigurasi 2.0 liter twin turbo tiga silinder berjuluk Tiny Friendly Giant (TFG). Jantung mekanis ini mampu menyemburkan daya 600 Tk dengan torsi 600 Nm.

Sebagai mobil berteknologi plug-in hybrid, Gemera dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan ekstra ouput sebesar 1.100 Tk. Jika ditotal, tenaga Gamera mencapai 1.700 Tk dengan torsi 3.500 Nm.

Dengan performa sedemikian besar tersebut, akselerasi 0-100 kpj hanya dalam 1,9 detik dengan kecepatan puncak mencapai 400 kpj. Mengerikan bukan.

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.