Sukses

Skutik Ini Bisa Jadi Lawan Sepadan Honda Vario 160

Belum lama ini, Aprilia merilis skutik yang bisa menjadi lawan sepadan bagi Honda Vario 160.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini PT Astra Honda Motor (AHM) telah merilis Honda Vario 160. Model anyar ini mengalami ubahan signifikan, bahkan bisa dibilang nyaris berubah total.

Di waktu yang tak jauh berbeda, Aprilia juga meluncurkan skutik terbarunya, yakni Aprilia SR 160. Sayangnya skutik ini bukan diluncurkan di Tanah Air, melainkan di India. 

Dari segi desain, Aprilia SR 160 boleh dibilang berbeda dengan skutik lain di negeri Bharata. Dia tampil sporty dengan lekuk bodi tajam serta garis visual yang tegas.

Desainnya menggabungkan antara flexibilitas sebuah skuter dengan DNA sebuah motor sport. Coba lihat bagian depannya, tepat di bawah headlamp ada semacam 'paru bebek' yang membuatnya seperti motor petualang.

Dari samping, bodi kiri dan kanannya tampil dinamis selaras dengan desain fairing bodi depan. Untuk membuatnya tampil lebih beda, roda bagian belakang dan depan menggunakan ring 14 dengan profil ban yang lebar 120 per 70.

Adapun dari bagian buritan, desainnya konsisten memakai pakem sporty. Lampu stop yang minimalis berpadu apik dengan desain pelek, knalpot serta spakbor belakangnya.

Bicara fitur, Aprilia SR 160 2022 tetap menggunakan lampu depan dan belakang berteknologi LED. Bentuk headlamp menyerupai huruf 'V' sementara stoplamp-nya membentuk huruf 'X'.

Ubahan yang paling kentara ada di bagian panel meternya, jika sebelumnya masih menggunakan model analog, maka di versi 2022 ini sudah menggunakan cluster meter full digital dengan latar warna merah.

Tak ketinggalan, teknologi konektivitas smartphone juga ditanamkan agar memudahkan pengendara mendapatkan informasi seputar kendaraan dari layar gawai.

Selebihnya, untuk fitur keselamatan aktif sudah tersemat dengan teknologi rem ABS (Anti-lock Braking System).

Dengan adanya peranti ini, mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak sehingga rider bisa menghindari atau mengubah arah motor dengan normal sampai motor berhenti sempurna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa

Terkait dapur pacu, sayangnya pabrikan masih menggunakan mesin yang sama. Dia berkonstruksi enjin 160 cc, 3-katup, SOHC, dengan tenaga maksimal 11 PS dan torsi puncak 11,6 Nm.

Secara total, Aprilia SR 160 2022 memiliki berat 122 kilogram dengan kapasitas tangki BBM di 6 liter.

Untuk maharnya di India, skutik ini dilepas dengan banderol mulai 109.125 Rupee atau setara Rp 20,7. Pabrikan juga menyajikan varian yang lebih sporty dengan perpaduan warna dan aksesori tambahan mulai dari SR 150 Race dan SR 160 Carbon.

Dengan embel-embel 160, rasanya menarik jika disandingkan dengan Vario 160 di Indonesia. Jika kelak nanti SR 160 mengaspal di Tanah Air bukan tak mungkin kehadirannya bakal mengganggu eksistensi dari Vario 160 dan Aerox 155.

Namun untuk saat ini, Aprilia Indonesia masih berfokus dengan produk moge (motor gede). Strategi menjual motor skutik bisa saja terjadi namun harus dengan pertimbangan dan riset market.

"Sampai saat ini belum ada rencana ke arah situ (motor matik). Tapi bukan tidak mungkin, ya. Memang untuk saat ini kita lagi fokus ke produk big bike-nya dulu. Ke depan, kita nggak pernah tahu," kata Digital Communication Manager Piaggio Group Indonesia (PID), Robby Gozal, belum lama ini.

Bagaimana menurut Anda, apakah Aprilia SR 160 patut layak dijual di Indonesia?

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini