Sukses

Ini Perbedaan New Toyota Corolla Altis Hybrid dengan Mesin Bensin

PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan model facelift Toyota Corolla Altis dengan dua pilihan, yakni mesin bensin dan hybrid

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan model facelift Toyota Corolla Altis dengan dua pilihan mesin. Model terbaru ini juga mendapat peningkatan pada fitur untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara. 

"Sebagai wujud apresiasi kami kepada pelanggan, khususnya di segmen Sedan, Toyota menghadirkan New Corolla Altis yang kini tersedia dalam 2 (dua) pilihan mesin yaitu mesin bensin dan mesin berteknologi Hybrid," terang President Director PT TAM, Susumu Matsuda .

"Selain itu kami juga lengkapi dengan berbagai fitur-fitur baru yang lebih advance untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara," tambahnya.

Penyuntikan fitur keselamatan dan kenyamanan diberikan pada seluruh varian Corolla Altis baik mesin bensin maupun hybrid. Fokusnya di sini memang hanya pada peningkatan fitur serta teknologi saja.

Fitur keselamatan paling digaris bawahi pada model facelift ini. Namun hanya varian hybrid saja yang mendapat fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) 2. TSS di Corolla Altis mengalami improvement yang semakin lengkap.

Di dalam TSS versi 2 ini memiliki teknologi semi otonomos seperti Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Assist (LDA), dan Automatic High Beam.

Khusus Dynamic Radar Cruise Control-nya mampu bekerja mulai kecepatan 0 kilometer per jam hingga 180 kilometer per jam. Kemudian untuk jangkauannya, mampu mendeteksi kendaraan di depan sejauh 120 meter.

Oh iya, lebih lanjut, fitur ini bisa menyesuaikan kecepatan mobil dengan kecepatan kendaraan di depannya.

Sementara untuk Corolla Altis bensin belum kedapatan fitur TSS, namun tetap dibekali dengan Blind Spot Monitoring serta Rear Cross Traffic Alert. Adapun kedua varian Altis terbaru masih dibekali dengan fitur keselamatan lain seperti ABS, EBD, BA, VSC, dan HSA.

Semua Varian Kedapatan Fitur T-intouch

Sama seperti Toyota Camry, Land Cruiser, Innova, dan Fortuner, kini Corolla Altis juga kedapatan fitur kenyamanan yang mereka sebut sebagai T-Intouch.

T-Intouch sendiri adalah fitur yang bisa memungkinakan kendaraan terhubung dengan aplikasi mToyota. Nantinya pemilik bisa mengakses beberapa fungsi seperti Find My Car yang memudahkan untuk mencari kendaran, kemudian ada Geofencing sebagai peringatan apabila mobil terdeteksi berada di luar zona resmi atau aman yang ditentukan.

Selanjutnya, dalam paket fitur T-Intouch juga tersedia fungsi E-Care yang tujuannya untuk mempermudah pemilik kendaraan untuk mengetahui jadwal servis berkala.

Tak cuma itu saja, ada juga tombol SOS yang berfungsi untuk membantu pemilik kendaraan apabila ada di dalam kondisi darurat dan membutuhkan Road Assistance. Serta yang terakhir adalah Inquiry & Support System untuk kebutuhan call center.

Semakin nyaman, new Corolla Altis 2022 sudah kedapatan fitur wireless charging dan head unit bisa terhubung dengan smartphone. Seluruh fitur ini tersedia pada seluruh varian Altis baik bensin maupun hybrid.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Mesin dan Harga

Terkait mesin, Toyota masih mempertahankan racikan enjin lama. Di opsi bensin masih masih dipersenjatai mesin berkode 2ZR-FE dengan spesifikasi 4-silinder segaris 16-katup DOHC dengan dual VVT-i naturally aspirated berkubikasi 1.798 cc.

Yang mana dapur pacu ini mampu memproduksi tenaga maksimal 138 daya kuda pada 6.400 rpm dan torsi puncak 171 Nm di 4.000 rom. Output ini didistribusikan pada 2 roda depan lewat transmisi matik CVT.

Sementara untuk Corolla Hybrid juga masih mengemas mesin yang sama berkode 2ZR-FXE. Enjin tersebut punya spesifikasi 4-silinder segaris 16-katup DOHC dengan VVT-i berkubikasi 1.798 cc menjanjikan tenaga 96 daya kuda pada 5.200 rpm serta torsi puncak 142 di putaran 3.600 rpm. Sedangkan motor listriknya mampu memproduksi output 53 daya kuda dan torsi maksimum 163 Nm.

Sekadar informasi, Toyota Corolla Altis dibangun dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menawarkan kenyamanan maksimal. Secara keseluruhan dia memiliki panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.455 mm. Sedangkan untuk wheelbasenya di 2.700 mm. 

Dengan segala ubahan yang dilakukan, new Corolla Altis 2022 untuk pasar Indonesia dilego Rp 468.200.000 untuk varian bensin 1.8 V dan Rp 517.000.000 untuk opsi hybrid 1.8 HV.

Gap harga keduanya punya selisih Rp 48.800.000. Diferensiasi secara garis besar ada di fitur TSS versi 2 dan penggunaan mesin yang disematkan.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.