Sukses

Sempat Hengkang, Ini Komitmen Serius Chery Bertarung Kembali di Pasar Otomotif Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Merek mobil asal Cina, Chery siap bertarung di pasar otomotif Indonesia. Beberapa waktu lalu, jenama Negeri Tirai Bambu ini, memang sempat hengkang dari Tanah Air, dan kemudian, pada 2022, memutuskan untuk kembali dan menghadirkan beberapa model unggulannya.

Setelah resmi masuk ke Indonesia, Chery akan bertarung dengan berbagai pabrikan Jepang yang sudah berkuasa lama di pasar Tanah Air. Selain itu, juga akan melawan merek mobil Cina lainnya, yaitu Wuling dan DFSK, serta produsen asal Korea Selatan yang tengah serius menggarap pasar nasional, Hyundai.

Rifkie Setiawan, GM marketing Chery Motor Indonesia menjelaskan, jika sebelumnya Chery hadir dan bermitra dengan perusahaan lokal. Dengan segala keterbatasan yang ada, jenama Negeri Tirai Bambu ini, kemudian juga hendak berinvestasi serius, tapi memiliki banyak kendala saat ini.

"Mereka berpikir, kemudian pelajari. Setelah itu, keputusan untuk kembali ini diambil dengan 100 persen dukungan prinsipal. Sehingga tidak memiliki partner lokal dahulu untuk saat ini," jelas Rifkie saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta (28/1/2022).

Dengan begitu, saat ini Chery Motor Indonesia (CMI) kemudian lebih leluasa untuk menjalankan strateginya di Indonesia. Salah satu bukti keseriusan, adalah dengan mendirikan pabrik perakitan secara lokal.

"Kalau kita lihat ke depannya, sampai akhir 2022 rencana membangun pabrik untuk menjawab keseriusan di Indonesia. Ini jadi satu momentum, karena Chery dari dulu ada, tapi tidak pernah jelas, diler di mana, pabrik tidak ada. Sekarang kita 100 persen hadir," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Lokasi Pabrik

Sementara itu, pilihan lokasi pembangunan pabrik juga sudah dibicarakan dengan pabrikan, dan tinggal menunggu keputusan.

Selain itu, berbicara pelayanan, Chery juga akan cukup agresif untuk membangun jaringan di Indonesia, di berbagai wilayah Tanah Air.

"Sudah diberikan pilihan, Cikarang karena beberapa merek juga di sana. Menunggu pabrik jadi, Chery akan memproduksi secara lokal, dengan menumpang fasilitas perakitan yang sudah ada," pungkasnya.

Berbicara jaringan, Chery juga cukup ambisius, dengan target pembangunan diler hingga 80 di seluruh Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Paling Efektif Kurangi Penyebaran Covid-19