Sukses

Berburu Mobil LCGC Toyota Varian Termurah, Pilih Calya atau Agya?

Mobil di kelas LCGC masih banyak peminatnya sampai saat ini. Keunggulannya mobil di kelas ini adalah harga terjangkau, biaya perawatan murah, dan pajak tahunan yang rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil di kelas LCGC masih banyak peminatnya sampai saat ini. Keunggulannya mobil di kelas ini adalah harga terjangkau, biaya perawatan murah, dan pajak tahunan yang rendah.

Salah satu kontributor LCGC terbesar adalah Toyota. Merek itu menawarkan dua produk sekaligus, yakni Toyota Agya dan Toyota Calya.

Yang menarik, perbedaan harga di antara varian termurah kedua mobil tersebut terbilang tipis. Pasalnya Toyota Agya 1.2 G M/T dan Toyota Calya E M/T cuma selisih sekitar Rp 3 juta.

Perlu diketahui bahwa Agya termurah sebelumnya adalah 1.0 G M/T, namun tidak lagi ditemukan di situs toyota.astra.co.id dan hanya bisa dibeli secara Spot Order. Hal ini menjadikan Agya 1.2 G M/T menjadi unit termurah yang sudah siap dipinang.

Sudah pasti keduanya punya dimensi bodi yang berbeda. Satu 5 penumpang, yang lainnya 7 penumpang.

Dari segi fitur, kedua mobil ini saling sikut. Toyota Agya mempunyai lampu depan projector halogen, lampu kabut, lampu belakang sporti, dan ada DRL LED minimalis.

Di sisi lain, Calya mempunyai lampu depan LED, belum ada lampu kabut, dan lampu belakang sederhana. Keduanya mengusung pelek 14 inci bermotif jari-jari.

Interior kedua mobil ini cukup berbeda dari segi desain, namun cukup setara untuk bagian fitur. Toyota Agya mempunyai desain bergaris di mana bagian tengah diberi aksen perak. Sementara Calya disematkan dasbor bertingkat dengan sentuhan warna coklat di beberapa area.

Agya dibekali audio steering switch, panel AC digital, jok kain dengan aksen-aksen merah, serta spion lipat elektrik. Sebaliknya Toyota Calya belum dilengkapi spion lipat elektrik, tidak punya panel AC digital, namun mempunyai armrest depan dan rear air circulator untuk memberikan hembusan AC ke penumpang belakang.

Selebihnya, kedua mobil itu sama mengusung head unit double din, power window, kursi berbahan kain, belum ada panel-panel empuk, dan MID sederhana.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Keselamatan

Dari segi keselamatan, Toyota Agya dan Calya sama-sama disematkan dual airbags, sensor parkir belakang, sabuk pengaman tiga titik, senderan kepala untuk tiap penumpang, dan belum dilengkapi kamera mundur. Namun, hanya Calya yang belum ditanamkan Anti-lock Braking System (ABS).

Sementara dari segi performa, kedua LCGC itu memboyong mesin 1.200cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 88 PS dan torsi 107 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Untuk harga, Toyota Agya G M/T dibanderol Rp 149.800.000, sedangkan Toyota Calya E M/T dijual Rp 146.190.000.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.