Sukses

Suzuki Karimun Wagon R Pensiun di Indonesia, Inikah Penggantinya?

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyuntik mati Karimun Wagon R untuk pasar Indonesia. Alasannya, pabrikan berlambang huruf S ini, ingin berkonsentrasi untuk menghadirkan model elektrifikasi, yaitu sebuah model dengan teknologi yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki.

Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia, mengatakan Suzuki akan fokus pada kendaraan elektrifikasi yang terjangkau bagi konsumen.

"Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid," katanya.

Memang belum ada informasi resmi dari model apa yang tengah dipersiapkan Suzuki terkait model hybrid. Namun, pabrikan berlambang huruf S ini, telah menghadirkan model baru yaitu SX4 S-Cross.

Mobil ini, hadir dengan gaya yang lebih berani dengan menambahkan berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan, termasuk teknologi mild hybrid yang dipasangkan dengan mesin bensin 1,4 liter.

Suzuki S-Cross baru tampil dengan kap mesin yang lebih tinggi, grill besar, dengan lebih banyak trim hitam. Dimensinya, model ini ini memiliki panjang 4.300 mm.

Interiornya, dilengkapi layar sentuh 9 inci di bagian atas konsol tengah, dengan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Permintaan Ekspor Suzuki Karimum Wagon R Masih Tinggi

Selain itu meski dihentikan di pasar lokal, permintaan Suzuki Karimun Wagon R di beberapa negara di Asia Timur masih tinggi. Salah satu negara yang memiliki permintaan Karimun Wagon R tertinggi ialah Pakistan.

Menurut catatan Suzuki Indonesia, pencapaian ekspor selama Januari – Agustus 2021 dipimpin oleh Karimun Wagon R dengan angka 12.500 unit dan disusul oleh model lain seperti XL7 dan Suzuki Ertiga dan Carry. 

Karimun Wagon R sendiri dibekali dengan mesin konvensional 3 silinder berkapasitas 1.0- liter yang dikawinkan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis AGS 5-percepatan.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 62 ps dan torsi puncak yang mencapai 90 Nm.

Di Indonesia sendiri Suzuki Karimun Wagon R dijual dengan beberapa pilihan warna yakni Graphite Grey, Silky Silver, Burgundy Red, Cool Black, Pearl White, dan Radiant Red.

Terkait harga, pilihannya yakni BLIND VAN Rp 134,5 juta; GL M/T Rp 137,7 juta; GL AGS Rp 147 juta; GS M/T Rp 146,3 juta; serta GS AGS Rp 155,2 juta on the road Jakarta.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19