Sukses

Bercita-cita Jadi Pembalap Virtual, Intip Dana yang Harus Disiapkan

Balap virtual bukanlah hal yang baru di kalangan gamer. Namun, dengan event-event berskala besar yang diadakan oleh pabrikan mobil, balap virtual bukan lagi sekedar permainan biasa dan semakin banyak masyarakat yang mengenalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Balap virtual bukanlah hal yang baru di kalangan gamer. Namun, dengan event-event berskala besar yang diadakan oleh pabrikan mobil, balap virtual bukan lagi sekedar permainan biasa dan semakin banyak masyarakat yang mengenalnya.

Misalkan saja event Honda Racing Simulator Championship 2 (HRSC) yang berlangsung sebanyak 6 seri selama tahun 2021.

Jangan bayangkan game bergaya arcade yang dipertandingkan di balapan virtual ini. Software yang digunakan adalah rFactor 2 dengan karakter simulasi, sehingga balapan serasa di sirkuit sebenarnya.

Dibutuhkan peralatan khusus seperti steering wheel agar bisa merasakan feedback dari lingkar kemudi. Steering wheel ini biasanya dipadukan dengan pedal gas dan rem. Beberapa model steering wheel bahkan menyediakan pedal kopling hingga tuas transmisi manual.

Harris Muhammad selaku owner HM Engineering mengungkapkan biaya yang harus disiapkan cukup beragam. " Kalau soal biaya, steering wheel satu set bisa mulai dari Rp4 jutaan. Steering wheel bisa langsung tempel di meja, dengan asumsi komputer gaming sudah ada," ungkap Harris.

Lain halnya jika ingin balapan lebih serius dengan setup khusus. "Biayanya bisa mencapai Rp 30 sampai 40 juta bila membuat setup khusus balap dari nol. Mulai dari jok racing, rig khusus, komputer, dan lainnya," pungkas Harris.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Pemenang Honda Racing Simulator Championship 2

PT Honda Prospect Motor mengumumkan para pemenang kompetisi simulator Honda Racing Simulator Championship 2 (HRSC) yang berlangsung sebanyak 6 seri. Pengumuman pemenang ini digelar pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang, 18 November 2021.

Total terdapat 9 juara yang terdiri dari kelas Master, Rising Star, dan Rookie setelah seri terakhir selesai digelar pada 6 November 2021 lalu di sirkuit virtual Suzuka.

Di kelas Master, Andika Rama Maulana berhasil menjadi juara pertama setelah berhasil memberikan performa terbaiknya dan mendominasi puncak klasemen pada hampir setiap seri. Sedangkan di posisi kedua diraih oleh Jaka Siswoyo dan posisi ketiga diraih oleh Daffa Ardiansa.

Kelas Rising Star menjadi kelas yang dipenuhi oleh pertarungan sengit, Jason Ciputra berhasil keluar sebagai juara pertama. Setelah itu Billie Ebenhaezer berhasil menjadi juara kedua dan Colin Lewi berada di posisi ketiga.

Sedangkan pada kelas Rookie, Rio Loho berhasil keluar sebagai juara pertama, posisi kedua diraih oleh Arya Sena, dan Enrico Chiesa berhasil merah posisi ketiga.

3 dari 3 halaman

Infografis Merokok Sambil Berkendara Didenda Rp 750 Ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.