Sukses

Mengungkap Arti Penggerak Front Wheel Drive dan Rear Wheel Drive

Bicara mengenai sistem penggerak roda pada sebuah kendaraan mobil, banyak kalangan mengetahui hanya dua sistem penggerak, yakni penggerak roda depan (fwd) atau penggerak roda belakang (rwd).

Liputan6.com, Jakarta - Bicara mengenai sistem penggerak roda pada sebuah kendaraan mobil, banyak kalangan mengetahui hanya dua sistem penggerak, yakni penggerak roda depan alias front wheel drive (FWD) atau penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Padahal sejatinya, meski penggerak depan dan belakang lebih dikenal luas oleh masyarakat, ada lagi sistem penggerak roda lainnya yang juga tidak kalah hebat dalam performanya.

Pertama adalah 4 Wheel Drive dan All Wheel Drive. Dua penggerak ini biasanya ditanamkan pada mobil-mobil SUV besar dengan kapabilitas yang super. Biasanya, sistem penggerak ini ditujukan untuk bisa menghasilkan traksi yang lebih kuat terhadap medan jalan.

Pada fitur penggerak ini, pengemudi dapat memilih sesuai karakter medan dan driving style dari setiap penggunanya. Biasanya, kedua mobil ini bisa mengaktifkan salah satu saja, baik itu depan saja, atau belakang saja, atau justru menggunakan keduanya.

Salah satu keuntungan sistem penggerak depan (FWD), biasanya karakter penggerak ini memiliki keuntungan traksi yang lebih bagus saat jalan licin.

Sementara itu, untuk sistem penggerak roda belakang, biasanya keuntungan yang didapat oleh pengemudi mobil adalah meminimalisir roda yang berputar atau slip, khususnya pada medan jalan menanjak atau untuk mengangkut barang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Avanza dan Xenia Kini Pakai Penggerak Roda Depan

Sejalan dengan pembaruan serta penyempurnaan yang dibawa oleh PT Toyota Astra Motor, perubahan sistem penggerak ini merupakan sebuah tantangan yang harus dicapai oleh mereka.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Anton Jimmy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, dalam peluncuran All New Avanza dan All New Veloz, yang dilakukan secara virtual pada 10 November 2021.

“Sebagai All New MPV, kami (TAM) telah mengambil tantangan dalam pengembangan Avanza. Sebelumnya model ini menggunakan platform front engine dan penggerak roda belakang (RWD). Dan kini, model terbaru ini menggunakan front engine namun dengan penggerak Front Wheel Drive dan ini adalah platform baru,” beber Anton.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.