Sukses

GIIAS 2021 Resmi Dibuka Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Setelah absen di tahun lalu karena pandemi Covid-19, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kini bergulir kembali di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah absen pada 2020 karena pandemi Covid-19, Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS kini kembali digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Banten mulai 11 hingga 21 November 2021. Pameran otomotif berskala internasional ini telah resmi dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam sambutannya Menko Airlangga menyebut GIIAS 2021 menjadi satu-satunya pameran otomotif yang mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk digelar saat masa pandemi Covid-19. Ia juga berharap, pameran ini bisa mendorong industri otomotif nasional terus bertumbuh ke depannya.

"Selamat untuk digelar pameran GIIAS 2021. Saya melihat akan ada beberapa produk baru yang diluncurkan, termasuk kendaraan listrik. Tentu ini akan menjadi hal positif bagi industri otomotif Indonesia dan industri terkait," ungkap Airlangga dalam pembukaan GIIAS 2021, Kamis (11/11/2021).

Airlangga menyatakan, sektor otomotif dilaporkan pada 2020 hanya menjual 530 ribuan unit, sedangkan pada 2021 bisa mencapai 850 ribu unit. Sedangkan untuk ekspor sekitar 300 ribu, dan naik dibandingkan 2020.

"Pemerintah tidak hanya mengarahkan, tapi berkontribusi dengan di sektor ini yang dianggarkan dengan PPnBM yang ditanggung pemerintah sekitar Rp 2,99 triliun dan realisasinya sudah Rp 1,73 triliun dan dinikmati 6 pabrikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohanes Nangoi menyebut jika Indonesia sudah swamsembada kendaraan bermotor, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

"Kebutuhan telah dipenuhi oleh industri otomotif Indonesia, baik secara domestik dan juga ekspor. Dengan dukungan pemerintah, melalui kebijakan PPnBM pencapaian industri otmotif naik cukup baik," jelas Yohanes Nangoi, saat pembukaan GIIAS 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peserta GIIAS 2021

Gelaran GIIAS 2021 ini, diikuti oleh berbagai pabrikan, seperti Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Selain itu, beberapa brand dari kendaraan komersial juga sudah menyatakan kesiapannya dalam pameran ini. Antara lain, brand yang akan hadir adalah Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Digelar di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, GIIAS 2021 tentu saja menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Ada dua persyaratan bagi siapa pun yang ingin datang ke area, yaitu telah divaksins ebanyak dua kali dan memiliki aplikasi PeduliLindungi.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini