Sukses

Kencan Singkat Bersama Toyota GR Yaris, Hot Hatchback yang Terlahir dari Kerasnya Balap Reli

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pecinta dunia motorsport, khususnya balap reli, kehadiran Toyota GR Yaris di Indonesia seakan-akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan. Tak semua orang bisa menikmati mobil ini, selain harganya mencapai Rp 850 juta on the road Jakarta, Toyota GR Yaris hanya ada 125 unit di Indonesia.

Toyota GR Yaris terlahir dari kerasnya ajang balap World Rally Championship (WRC). Hot hatchback ini merupakan hasil kolaborasi Toyota Gazoo Racing dengan pembalap WRC Tommi Mäkinen. 

Toyota GR Yaris dibekali mesin G16E-GTS 3-silinder turbo yang sanggup menghasilkan tenaga 261 ps atau 257,4 Tk pada putaran mesin 6.500 rpm dengan torsi puncak 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6 - percepatan.

Pengujian kali ini berlangsung di Edutown BSD, Tangerang Selatan. Lokasi ini tidak ditujukan untuk menguji kecepatan tinggi, melainkan merasakan kelincahan mobil dengan berbagai rintangan layaknya gymkhana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sensasi Berkendara

Saya didampingi oleh Demas Agil, pembalap dari TTI (Toyota Team Indonesia). Demas sedikit memberikan penjelasan mengenai rasio gear yang digunakan oleh GR Yaris. Gear 1 memiliki napas panjang, sisanya berdekatan. 

Gear 1 saja rupanya sudah cukup untuk melahap trek gymkhana pendek ini. Begitu memulai start, saya dihadapkan dengan hairpin ke kiri, setelah itu sedikit bermanuver zig-zag sebelum harus mengerem sedikit untuk menaklukkan hairpin ke kanan.

Mudah sekali untuk mengajak GR Yaris menari di antara rintangan-rintangan yang disediakan, hot hatch ini seakan-akan siap untuk memenuhi ekspektasi orang yang berada di balik lingkar kemudi.

Jalur lurus yang disediakan pun rupanya belum bisa memaksa jaruk penunjuk putaran mesin mencapai garis merah. Ya, karena ada rambu-rambu pengereman yang harus dipatuhi oleh setiap peserta test drive. Setidaknya saya berhasil melakukan pengereman yang sampai mengaktifkan fitur ABS lalu berbelok ke kanan, berlanjut ke garis finis.

Meskipun sesi pengujian sangat singkat, saya bisa merasakan betapa istimewanya Yaris yang satu ini. Mobil ini menawarkan kesenangan yang berbeda dibanding mobil-mobil berperforma tinggi lainnya. Tidak heran jika mobil ini sudah ludes terjual di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Cuci Pakaian Hindari Penularan Covid-19