Sukses

Apa Manfaat Data Logger pada Mobil Balap?

Liputan6.com, Jakarta - Bicara mobil balap, tidak melulu soal performa mobil serta aerodinamikanya saja. Tetapi, pada mobil balap ini juga dibekali dengan data logger yang bermanfaat bagi mekanik atau pembalap itu sendiri.

Meski di Indonesia tidak semua mobil balap dilengkapi dengan data logger, namun sebagian besar mereka yang ingin mengetahui mengenai performa mobil dan driving style saat balap, data logger memiliki fungsi yang sangat penting.

Dalam penjelasannya, pembalap touring Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo, membeberkan perihal manfaat dari data logger yang disematkan pada Toyota Yaris yang digeber untuk ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

"Ya namanya juga data logger, semua datanya tersimpan dan tercatat. Mulai dari kecepatan, rpm, terus data-data mesin, temperatur mesin, itu semua kesimpen di situ. Jadi kalau ada kejadian mesin mobil balap jebol, itu bisa ketahuan dari mana asalnya melalui data logger ini," buka Haridarma Manoppo.

Melalui data logger ini, segala kerusakan atau settingan mesin yang kurang maksimal bisa terdeteksi. Bahkan, melalui fitur tersebut sistem bisa membaca penyebab mesin yang kurang maksimal.

"Contoh misalnya mesinnya bermasalah dan tiba-tiba panas, kita bisa tahu dari lap ke berapa mesin ini overheat, dan itu akan kelihatan dari mana dan apa yang menjadi penyebabnya," tambah Haridarma.

Adapun dengan penggunaan data logger ini, maka pembalap tidak bisa berdalih dan menyalahkan ada yang bermasalah pada mesin.

Dengan kata lain, ketika performa mobil balap sudah maksimal namun hasilnya belum mumpuni, pembalap tidak bisa serta merta menyalahkan settingan mesin.

"Ya dengan adanya data logger ini pembalap tidak bisa bohong, karena akan ketahuan semua datanya. Kapan dia ngegas, kapan dia angkat gas. Atau saat belokan, kapan dia mulai berbelok, apakah sesuai dengan racing line atau tidak, sampai G-force pun akan dibaca melalui data logger ini," beber Juara Nasional ITCR Max 2017 dan 2018 ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penempatan Data Logger di Mobil Balap

Data logger ini bisa ditempatkan pada dua tempat, pertama di Electronic Computer Unit (ECU) dan di tampilan informasi AiM data logger.

"Untuk melihat seperti apa kerusakan pada mesin, atau ada yang tidak beres pada sistem mesin, data logger tersebut diposisikan pada ECU guna membaca semua spesifikasi mesinnya. Apakah mesin bekerja maksimal, atau belum," jelas Demas Agil.

Tapi untuk data logger yang ada di AiM, ini berfungsi untuk membaca kecepatan, g-force, dan GPS pada mobil.

"Sementara AiM data logger ini berguna untuk membaca kecepatan mobil balap, throttle, braking, dan GPS, itu disematkan pada AiM. Jadi dengan data logger ini, semua bisa ketahuan, tandas Demas Agil, rekan satu tim Haridarma Manoppo di Toyota Team Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Misi Evakuasi 74 WNI dari Kapal Diamond Princess