Sukses

Pengguna Mobil AWD Wajib Tahu, Tidak Boleh Salah Ukuran Roda

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang beredar di pasaran saat ini, memiliki banyak pilihan sistem penggerak. Biasanya, kendaraan yang paling banyak beredar adalah mobil penggerak roda depan atau FWD dan penggerak roda belakang RWD. Namun, bagi penggemar petualangan, ada satu jenis mobil yang wajib dimiliki, yaitu penggerak semua roda alias all wheel drive (AWD).

Mobil AWD ini, bisa menjadi pilihan yang handal ketika membutuhkan traksi berlebih di kondisi tertentu, misalkan jalanan tanah berbasah atau off-road ringan.

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, mobil AWD sendiri memiliki kompleksitas tersendiri, karena tenaga yang disalurkan harus bisa dibagi dengan baik ke roda yang memiliki traksi terbanyak. Karena itu, ada komponen tambahan seperti gardan tengah.

Gardan tengah inilah yang bertugas membagi tenaga ke semua roda. Oleh karena itu, komponen ini harus dirawat dengan baik. Salah satu cara mudah yaitu jangan menggunakan ukuran roda (ban dan pelek) yang berbeda.

Hal ini karena jika menggunakan ukuran yang berbeda, maka gardan tengah bisa mengalami beban yang tidak merata. Jika diteruskan secara terus-menerus, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan.

Karena itu juga, sangat disarankan ketika terjadi penggantian ban, keempat ban diganti disaat bersamaan agar bebannya juga serupa.

2 dari 3 halaman

Pelek

Sama halnya dengan pelek. Hal ini ditujukan bagi penyuka modifikasi, dimana mungkin saja ia akan memakai ukuran lebar pelek yang berbeda (belang) antara velg depan dan belakang. Situasi ini otomatis akan membuat ukuran bannya juga berbeda.

Dengan memiliki pemahaman tersebut, maka Hyundai Lovers akan melakukan perawatan dan memberi perhatian detail yang bisa mencegah kerusakan mahal ke depannya.

3 dari 3 halaman

Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi