Sukses

Wuling Ambil Untung Rp 200 Ribu dari Tiap Satu Mobil Listrik Ini

Hong Guang Mini EV merupakan mobil listrik terlaris di Tiongkok. Kendaraan listrik ini diproduksi SGMW (usaha patungan GM dan Wuling).

Liputan6.com, Tiongkok - Hong Guang Mini EV merupakan mobil listrik terlaris di Tiongkok. Kendaraan listrik ini diproduksi SGMW (usaha patungan GM dan Wuling).

Ukuran sangat kompak menjadi nilai jual bagi akomodasi mobilitas perkotaan. Dan yang paling bikin minat konsumen membelinya ialah banderol tersaji. Di sana unit dijual di kisaran RMB 37.600 hingga RMB 43.600. Angka itu setara Rp 83 juta sampai Rp 97 jutaan. Dan perusahaan ambil cuan untuk sangat kecil dari tiap penjualan unit.

Berdasar laporan, Mini EV disinyalir bakal terjual hingga 400 ribu unit selama tahun ini. Kemudian GM dan Wuling mendapat untung 89 Yuan untuk setiap unit yang mereka jual. Berdasar nilai tukar hari ini, angka itu sekitar Rp 200 ribu. Meski perolehannya kecil, SGMW bukan berarti buntung. Bayangkan saja laba itu dikalikan dengan proyeksi penjualan selama setahun. Lumayan.

Lebih penting lagi, mereka meminjam trik marketing dari Tesla. Mungkin saja keuntungan yang diperoleh GM dan Wuling dari penjualan Hong Guang MINI EV hanyalah strategi dagang. Perusahaan sepertinya ingin menjual mobil untuk mendapatkan jangkauan pemasaran dan memulai menanamkan kepercayaan mereka.

Seperti di Amerika Serikat, produsen mobil di Cina mendapatkan sistem poin kredit mobil. Xcar melaporkan bahwa setiap kredit bernilai sekitar 3.000 yuan (Rp 6,72 juta). Dan satu Hong Guang Mini EV bernilai dua poin positif untuk SGMW. Jadi nilai mobil listrik mungil mereka tidak terlalu sedikit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hong Guang Mini EV Macaron

Nah, salah satu produk anyar mereka adalah Hong Guang Mini EV Macaron. Secara umum data spesifikasi mirip dari model lain di dalam keluarganya. Tata letak tempat duduk 2 + 2. Sandaran kursi baris kedua bisa dilipat untuk menambah fleksibilitas. Ia memiliki dimensi panjang 2.917 milimeter, lebar 1.493 milimeter, tinggi 1.621 milimeter dan jarak sumbu roda 1.940 milimeter. Ruang kargo dapat mencapai 741 liter dengan kondisi kursi belakang dilipat. Formulasi rancang bangun itu, menurut Wuling, menjadikannya sebagai komuter perkotaan yang ideal. Kompak, mudah menyelinap di kemacetan jalanan, serta hemat energi.

Kendaraan listrik ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 20 kW atau 27 PS. Kemudian torsi puncak tersalur hingga 85 Nm. Ia dapat meluncur sampai kecepatan tertinggi 100 kilometer per jam. Lalu berdasar klaim perusahaan, daya jangkau unit menyentuh 170 kilometer dalam sekali pengisian penuh menggunakan baterai 13,9 kWh. Sedangkan versi dasar mengandalkan baterai 9,3 kWh untuk menempuh jarak 120 km. Hong Guang MINI EV Macaron dapat diisi daya menggunakan stop kontak normal 220V di rumahan. Pemilik juga dapat memantau status baterai kendaraan mereka dari jarak jauh. Model ini juga sangat digemari khalayak muda di sana. 

Sumber: Oto.com

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 Berbayar Vs Vaksin Gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.