Sukses

Biaya Kepemilikan Suzuki Ignis Rp 53 Ribuan Per Hari, Ini Rinciannya

Liputan6.com, Jakarta - Selain harga, biaya kepemilikan juga menjadi salah satu poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli mobil.

Menurut Service Asst to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga.

"Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menjabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis yang sangat terjangkau bagi para pelanggan. Kami harap perhitungan biaya ini dapat memudahkan konsumen," jelasnya melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (20/6/2021).

Biaya untuk merawat Suzuki Ignis ini, jelasnya, diestimasikan berkisar di angka Rp 53.497/hari. Namun, tentunya nominal tersebut akan berbeda-beda bagi setiap pemilik mobil sesuai dengan pemakaian dan berbagai faktor lainnya.

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah biaya perawatan berkala, biaya pajak, serta biaya bahan bakar kendaraan. Namun, seluruh biaya tersebut dapat berubah dan harus disesuaikan kembali dengan penggunaan kendaraan, kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai variabel lain yang berbeda-beda pada setiap pelanggan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya Perawatan Berkala

Estimasi biaya servis atau perawatan berkala New Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp 7.877.300 atau Rp7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut juga sudah termasuk program gratis biaya jasa pada servis 1.000 km – 50.000 km.

Biaya Pajak

Bukan hanya mempersiapkan biaya perawatan rutin secara berkala saja, namun untuk kepemilikan New Ignis atau jenis mobil lainnya, konsumen juga harus menyiapkan pajak tahunan. Untuk estimasi ini menggunakan pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaran Rp 2.940.000 per tahun atau Rp 8.054 per hari.

Bensin

Selain biaya servis dan biaya pajak tahunan, konsumen juga perlu memperhatikan biaya bahan bakar yang diperlukan. Pada estimasi ini menggunakan konsumsi bahan bakar mobil secara rata-rata yaitu 10 km per liter. Apabila dalam 1 hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km, maka ia akan menghabiskan 5 liter bensin. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini (Rp 7.650), biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp 38.250 per harinya.

Dengan menghitung variabel sebelumnya, yaitu biaya perawatan berkala ditambah biaya pajak ahunan dan biaya konsumsi ahan akar, perhitungannya adalah Rp 7.193 + Rp 8.054 + Rp 38.250 = Rp 53.497 / hari (hingga 3 tahun). Tapi, hitungan ini memang di luar biaya tak terduga.

"Dengan menghitung biaya kepemilikan tersebut atau Total Cost of Ownership, maka estimasi biaya memiliki New Ignis hingga 3 tahun hanya sebesar Rp 53.497 per hari dan sudah termasuk dengan biaya bensin," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.