Sukses

Adu Spesifikasi Mazda CX-3, Honda HR-V, dan Suzuki SX4 S-Cross

Liputan6.com, Jakarta -

Mazda akhirnya meluncurkan CX-3 bermesin 1,5 liter di Indonesia. Meskipun bermesin lebih mungil, New Mazda CX-3 1.5L Sport menawarkan serangkaian fitur-fitur menarik mulai dari keselamatan aktif hingga layanan hiburan MZD Connect.

EMI (Eurokars Motor Indonesia) membanderol Mazda CX-3 1.5L Sport mulai dari Rp 339,9 juta. Hadirnya pilihan mesin 4-silinder 1,5 liter ini makin mendekati pesaing-pesaingnya yang bermain di kelas yang sama seperti Honda HR-V 1,5 liter dan Suzuki SX4 S-Cross yang juga dibekali mesin 1,5 liter.

Meskipun dibekali dengan mesin yang sama ternyata ketiganya memiliki angka performa yang berbeda. New Mazda CX-3 1,5-liter Sport memiliki tenaga maksimal 110 Tk dengan torsi 144 Nm. Sedangkan Honda HR-V mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 119 Tk dengan torsi 145 Nm.Terakhir Suzuki SX4 S-Cross dengan tenaga maksimal 107 Tk dan torsi 138 Nm.

Melihat harga yang dibanderol ketiganya, selisihnya tak berbeda jauh. Misalnya Honda HR-V dibanderol dengan rentang harga Rp 287,2 Juta – Rp 337,1 Juta dan Suzuki SX4 S-Cross di rentang harga Rp 302 Juta – Rp 317 Juta. Memang Mazda CX-3 punya harganya yang lebih tinggi yakni Rp 339,9 namun ada beberapa kelebihan yang ditawarkannya.

New Mazda CX-3 memiliki kabin yang cukup nyaman. Kabin dengan konfigurasi 5-penumpang cukup lapang dengan ruang bagasi di belakang. Mazda CX-3 1.5L Sport juga punya Jok dengan teknologi 7-G yang diklaim memberikan rasa nyaman pada penumpang saat berkendara. Selain itu seluruh jok tersebut juga sudah dibungkus dengan material perpaduan kulit dan fabric. Sayang pengaturan posisi duduk belum elektronis. Bandingkan dengan Honda HR-V yang menawarkan kabin dengan kualitas material yang premium. Seluruh joknya dibalut dengan kulit dan sudah dibekali dengan pengaturan secara elektronis yang lebih mudah dalam pengoperasiannya.

 
 
2 dari 4 halaman

Layanan Hiburan

Layanan hiburan Mazda CX-3 1.5L Sport terpusat pada layar sentuh berukuran 7-inci yang berada di tengah dashboard. Berbagai menu hiburan dan koneksi smartphone dengan Apple Car Play dan Android Auto sudah tersedia. Pusat pengaturan sistem multimedia melalui knob di konsol tengah atau switch control di lingkar kemudi. Kompetitornya pun menawarkan menu serupa. Bedanya, layar infotainment Honda HR-V lebih besar, yakni 8-inci. Sedangkan Suzuki SX4 S-Cross sama-sama berukuran 7-inci dan juga sudah dapat terkoneksi dengan smartphone.

New Mazda CX-3 1.5L Sport menawarkan berbagai fitur keselamatan dan bantuan berkendara yang cukup lengkap. Selain rem ABS (Anti-lock Braking System), Traction Control dan Hill Start Assist, ada paket keselamatan i-Activesense. Salah satunya Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert. Keduanya akan bekerja membaca keadaan di sekitar kendaraan yang dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Sedangkan untuk Honda HR-V dan Suzuki SX4 S-Cross hanya menyediakan fitur-fitur keselamatan aktif standar seperti ABS dan Hill Start Assist. Untungnya baik Honda HR-V 1.5L dan Suzuki SX4 S-Cross menyediakan fitur bantuan berkendara Cruise Control. Tetapi pastinya, ketiganya dibekali fitur keselamatan pasif Dual SRS Airbag.

Sumber: Carvaganza.com

3 dari 4 halaman

Infografis Waspada Krisis Air Ibukota

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: