Sukses

Kia Mulai Pamer Mobil Listrik Pertamanya, Desain Agresif dan Futuristis

Liputan6.com, Jakarta - Kia resmi mengungkap gambar pertama dari EV6, yang merupakan mobil listrik pertama dari pabrikan asal Korea Selatan ini. Kendaraan tersebut, dibangun menggunakan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) milik Hyundai.

Melansir Paultan, Kia mengungkapkan jika titik fokus dari pendekatan desain mobil listrik ini adalah identitas visual baru yang membangkitkan kekuatan positif dan energi alam, dengan kombinasi kontras antara elemen gaya tajam dan bentuk pahatan.

Berdasarkan foto yang terungkap, desain eksterior EV6 menampilkan DRL yang runcing yang menjadi bagian dari digital tiger face yang dikatakan sebagai progresi desain yang membangkitkan semangat gril tiger nose Kia untuk era elektrifikasi.

Di bagian interior, Kia menjanjikan ruang kabin yang lebih besar dibandingkan dengan mobil listrik sebelumnya yang berdasarkan arsitektur model yang ada.

Layar lengkung untuk cluster instrumen digital dan sistem infotainment berada di atas dasbor yang ramping. Di bawah ventilasi tengah, Anda akan menemukan panel sentuh yang mirip dengan yang ada di K8, yang menyesuaikan sistem iklim dan berbagai fungsi infotainmen.

Spesifikasi motor listrik dan baterai untuk model ini belum terungkap secara detail. Kia akan memberikan informasi secara lengkap saat peluncuran yang akan dilakukan secara online.

2 dari 4 halaman

Semakin Ambisius, Kia Janjikan 11 Mobil Listrik Baru Pada 2026

Presiden dan CEO Kia Motors, Ho Sung Song mengumumkan bahwa perusahaan akan mempercepat peta jalan elektrifikasinya. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan ada 11 model mobil listrik yang tersedia pada 2026.

Dilansir Car and Driver, dari belasan model tersebut, 7 di antaranya akan dibangun di atas arsitektur E-GMP, platform kendaraan listrik Hyundai Motor Group.

Saat ini Kia sudah memiliki dua model kendaraan listrik, yakni Soul EV dan Nitro EV. Mereka pun berencana untuk menambah empat kendaraan lagi dari lineup yang ada. Masing-masing akan menjadi mobil listrik dengan platform E-GMP.

Di balik rencana itu semua, Kia menargetkan penjualan mobil listrik, hybrid, dan plug-in hybrid mencapai 40 persen pada tahun 2030 mendatang. Kurang lebih ada 1,6 juta kendaraan yang terjual dan 880.000 di antaranya merupakan mobil listrik.

 

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Paket Ampuh Lawan Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: