Sukses

Pembelian Mobil dan Motor Bekas via Balai Lelang Makin Diminati

Meski pandemi Corona Covid-19 belum berakhir, minat masyarakat untuk membeli kendaraan bekas melalui balai lelang tetap tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pandemi Corona Covid-19 belum berakhir, minat masyarakat untuk membeli kendaraan bekas melalui balai lelang tetap tinggi.

Hal itu ditunjukkan balai lelang JBA di mana pencapaian hingga menjelang akhir kuartal pertama 2021, penjualan mobil dan motor bekas di seluruh cabang JBA naik 11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Pencapaian positif ini lantas tak membuat PT JBA Indonesia berpuas diri. Untuk itu, manajemen JBA menyiapkan beberapa inovasi dan fitur baru untuk membuat pengalaman menitip dan berbelanja mobil lebih mudah, nyaman, dan efisien.

"JBA beradaptasi dengan perubahan, termasuk menghadapi pandemi yang berimbas pada industri mobil bekas, terutama lelang. Kami akan lebih agresif dalam menciptakan inovasi dalam operasional dan layanan kepada penitip dan pembeli kendaraan bekas sehingga dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan produktivitas bisnis," ujar Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia, dalam rilisnya, Jumat (12/3/2021).

Setidaknya ada tiga inovasi layanan yang dihadirkan JBA Indonesia. Berikut penjabarannya. 

1. One JBA Membership

Pada Maret ini, JBA akan merilis program keanggotaan pembeli dan penitip kendaraan lelang yaitu, One JBA Membership.

Meski telah memiliki program membership, peluncuran keanggotaan ini hadir dengan empat level tingkatan member, yang sesuai dengan kebutuhan pembeli dan penjual kendaraan bekas untuk dilelang di JBA.

One JBA Membership didukung dengan sistem berbasis digital. Sehingga setiap member dapat mengecek data penjualan, pembelian, menukarkan hadiah, serta mendapatkan informasi terkini secara online.

One JBA Membership juga akan merilis fitur-fitur eksklusif untuk member di sistem lelang online JBA.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Quick Pay-Instant Pay-Flexi Pay

Program ini ditargetkan untuk penitip dan pembeli kendaraan yang memiliki showroom kendaraan bekas, sebenarnya sudah dirilis pada kuartal empat 2020.

Namun, di kuartal pertama tahun ini program Flexi Pay dapat diajukan oleh seluruh pembeli kendaraan baik member maupun nonmember JBA.

Quick Pay merupakan layanan khusus untuk penitip mobil pribadi atau yang disebut diler untuk mendapatkan hasil penjualan lebih cepat, yaitu di hari lelang atau maksimal H+1 lelang.

Sedangkan Instant Pay Pay memungkinkan penitip mobil pribadi langsung mendapatkan pembayaran hingga 70 persen dari total harga pada hari yang sama mobil dititipkan di pool JBA untuk dilelang.

 

3 dari 4 halaman

3. Stoku

Sebuah sistem manajemen inventori kendaraan untuk penitip unit atau kendaraan bekas perusahaan yang akan lelang di JBA.

Penitip unit perusahaan dapat mengecek setiap unit kendaraan yang masuk, siap dilelang, terjual atau tidak terjual, hingga sudah di tangan pembeli secara real time karena berbasis digital.

Selain ketiga inovasi layanan tersebut, JBA juga tengah merancang strategi dan gencar menggapai target penjualan 2021 dengan membuka cabang-cabang baru yang lebih besar, beberapa hub baru di luar Jawa, seperti Samarinda, Sampit, dan Aceh.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.