Sukses

Musim Hujan, Pengendara Motor Jangan Lupa Periksa Kelengkapan Berkendara

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi musim hujan, pengendara motor harus lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan. Hal ini tak terlepas dari kondisi cuaca dan angin kencang.

Melihat hal tersebut, Yamaha Riding Academy (YRA) berbagi tips berkendara. Terdapat beberapa poin penting yang bisa menjadi panduan berkendara aman dan nyaman.

"Saat musim hujan pengendara motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Terkait dengan hal itu, Yamaha Riding Academy mempunyai tips yang dapat digunakan oleh bikers kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan,” kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berkendara memang bukan urusan mudah. Terlebih pada musim hujan yang butuh konsentrasi tinggi. Dan satu lagi yang perlu dicatat, pengendara motor punya faktor risiko lebih tinggi saat berkendara di musim hujan.

 

2 dari 5 halaman

Kelengkapan Berkendara

- Persiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan, model setelan (atasan dan bawahan), disarankan untuk menggunakannya saat hujan karena dengan jenis ini tidak ada bagian yang berkibar sehingga lebih aman untuk diri sendiri dan pengendara lain.

- Disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

- Gunakan sepatu anti air / karet, tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.

- Hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang.

- Jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.

- Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara.

3 dari 5 halaman

Persiapan Kendaraan

- Ban dalam kondisi baik (tidak gundul), memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip.

- Area penting tidak terbuka (saringan udara, CVT area) supaya motor tidak mudah mogok atau rusak.

- Kondisi rem baik atau pakem.

- Semua lampu dalam keadaan baik (lampu depan, sein, rem, senja) agar mudah terlihat oleh pengendara lain karena cuaca gelap membuat pencahayaan berkurang.

4 dari 5 halaman

Infografis Pilihan:

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: