Sukses

Jadi Perlengkapan Penting Saat Musim Hujan, Berikut Panduan Memilih Jas Hujan

Musim hujan telah tiba, itu artinya jas hujan sebagai perlengkapan berkendara tambahan wajib ada di motor. Namun tak sedikit pengendara yang menyepelekan perannya.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba, itu artinya jas hujan sebagai perlengkapan berkendara tambahan wajib ada di motor. Namun tak sedikit pengendara yang menyepelekan perannya.

Kerap kali, bikers tidak bisa menghindari hujan dan menggunakan jas hujan saat berkendara untuk melindungi badan dari air dan basah. Namun perlu diketahui, memilih jas hujan perlu memperhatikan beberapa hal.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih jas hujan untuk berkendara sebagai berikut:

1. Pilih warna yang cerah dan strip yang bisa memantulkan cahaya, membuat anda cepat dan mudah dikenali dalam kondisi cuaca hujan di mana kondisi lebih gelap dan pandangan terganggu oleh tirai hujan.

2. Berbahan kuat tidak mudah robek, tapi tetap lentur, tidak tembus atau rembes air, memiliki sifat pemukaan bahan seperti daun talas akan semakin baik.

Amati bagian dalam jas hujan tidak lengket dengan kulit atau baju yang kita pakai serta tidak berbau bahan tertentu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Sesuaikan dengan ukuran tubuh dan berukuran ringkas ketika terlipat agar mudah menyimpan.

4. Pilih jas hujan yang menyediakan saku berguna memudahkan menyimpan sesuatu dan mengakses barang bawaan saat berhenti sejenak ketika hujan sangat deras.

5. Dianjurkan menggunakan model training. Bagian atas berbentuk kemeja dengan krah tinggi dan dilengkapi penutup kepala yang menyatu, bagian bawah berupa celana panjang.

"Model ini dipilih karena mendukung keleluasaan bagian tubuh bergerak bermanuver selama berkendara, serta melindungi hampir seluruh tubuh dari air," imbuh Oke.

 

3 dari 4 halaman

Berikutnya

6. Perhatikan teknik sambungan antar bagian yang harus mampu mencegah air rembes. Selain itu memiliki resleting dengan tambahan bahan pada bagian luar yang mampu menolak air rembes masuk.

7. Terdapat ventilasi yang dirancang khusus untuk sirkulasi dengan udara luar tapi air tidak dapat masuk

8. Upayakan terdapat lapisan atau kerutan yang berada didalam lengan untuk mencegah air dari arah stang atau arah depan mengalir memasuki tubuh melalui lengan.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.