Sukses

Mengenal Istilah Tune Up pada Sepeda Motor

Semua kendaraan bermotor memerlukan perawatan berkala agar mesin selalu dalam performa maksimal dan memiliki usia pakai lebih panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Semua kendaraan bermotor memerlukan perawatan berkala agar mesin selalu dalam performa maksimal dan memiliki usia pakai lebih panjang.

Selain perawatan ringan seperti ganti oli, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan, yakni tune up sepeda motor. Lalu apa maksud dan cara melakukan perawatan ini. Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Rabu (4/11/2020).

Perlu diketahui, tune up motor merupakan proses yang perlu dilakukan untuk mengembalikan performa kendaraan seperti standarnya. Hal ini penting dilakukan, sebab motor merupakan kendaraan harian yang selalu digunakan.

Perubahan komponen mesin biasanya terjadi karena kendaraan digunakan saat hujan dan panas. Hal ini membuat motor perlu mendapatkan perawatan maksimal secara berkala. Sementara itu, filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udaranya.

Untuk melakukan tune up, terdapat tiga sektor yang harus diperhatikan, yakni sektor mesin, chassis, dan transmisi.

Hal pertama yang perlu dilakukan pada sektor mesin sepeda motor adalah mengecek kualitas oli. Kemudian, cek busi dan lakukan pemeriksaan filter udara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembersihan Injektor

Setelah itu, pemilik kendaraan perlu memeriksa filter bensin serta karburator. Untuk motor injeksi, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pembersihan injektor dan penyetelan katup.

Sedangkan sektor chasis, pemilik harus mengecek kemudi motor dan menyetel rantai roda. Jangan lupa periksa ban dan pelek, serta melakukan pengecekan kampas rem.

 

3 dari 4 halaman

Minyak Rem

Kemudian, lakukan pemeriksaan pada volume minyak rem dan roller untuk motor matik. Selain itu, oli gardan pada juga perlu diperiksa.

Tune up motor yang ketiga berfokus pada sektor transmisi. Pada bagian ini pengecekan tegangan aki dan tegangan pengisian motor perlu dilakukan.

Tidak hanya itu, rangkaian pengapian motor, serta lampu dan klakson juga perlu dicek pada sektor transmisi.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.