Sukses

Praktis, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Kerusakan Mobil Lewat Suara

Skoda sedang mengembangkan sebuah aplikasi untuk mendeteksi kerusakan mobil. Sehingga memeriksa mobil bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui gawai.

Liputan6.com, Jakarta - Skoda sedang mengembangkan sebuah aplikasi untuk mendeteksi kerusakan mobil. Sehingga memeriksa mobil bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui gawai.

Aplikasi yang bernama Sound Analyser ini bekerja dengan cara merekam suara mobil lalu membandingkannya dengan suara mobil sehat yang disimpan dalam aplikasi.

Dilansir Carscoops, jika aplikasi tersebut menemui sesuatu yang ganjil, maka aplikasi tersebut akan menginformasikan daerah mana yang perlu dicek. Skoda sendiri mengklaim akurasi diagnosa awal tersebut mencapai 90 persen.

Sound Analyser bisa mengenali 10 pola suara, yang termasuk sistem pengendalian, kompresor AC, dan transmisi  direct-shift gearbox (DSG).

Aplikasi ini menawarkan beragam keuntungan untuk konsumen dan juga bengkel. Skoda menjelaskan, Sound Analyser akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk servis di bengkel. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

14 Negara

Skoda telah menguji aplikasi ini di 14 negara. Setidaknya 245 dealer terlibat dalam pengembangannya, seperti memberikan data rekaman suara agar aplikasi ini dapat belajar.

Teknologi ini bisa saja diterapkan di model keluaran terbaru dengan menggunakan sensor khusus yang mendeteksi suara. Data tersebut bisa digunakan untuk prediksi perawatan mobil dan juga menentukan jadwal perawatan di bengkel.

Stanislav Pekař, Skoda head of after sales, mengatakan, “Sound Analyser adalah contoh kesempatan baru di era digital yang bisa Skoda ciptakan, bahkan di ranah purnajual. Kami akan terus menggunakan teknologi artificial intelligence untuk mendekatkan diri dengan konsumen, dan meningkatkan kepuasan konsumen."

3 dari 4 halaman

5 Aplikasi Smartphone Ini Bermanfaat Digunakan di Mobil

Sejumlah pabrikan otomotif mengembangkan beragam teknologi dan fitur canggih pada setiap produknya. Namun sayang, untuk produk dengan harga lebih terjangkau masih minim dibenamkan teknologi dan fitur canggih ini.

Sebaliknya, mobil berstatus premium atau mewah, sangat melimpah ruah perangkat yang diaplikasi mulai dari sistem pengoperasian, pemantauan kondisi, maupun hiburan.

 

Namun bergitu, fungsi-fungsi dengan beragam kecanggihannya itu dapat dimiliki dan diterapkan banyak orang. Hal ini karena dibantu berbagai aplikasi yang dioperasikan melalui smartphone.

Seperti dilansir situs Hyundai, ternyata ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa kita gunakan di mobil sehingga membantu dan mempermudah perjalanan sehingga dapat mengontrol berbagai fungsi di mobil.

Mau tahu aplikasi apa yang bisa dimanfaatkan di dalam mobil, baca selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.