Sukses

Mulai Masuk Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Hujan datang secara tiba-tiba membuat pengendara mobil harus selalu berhati-hati dan menyiapkan beberapa komponen penting, salah satunya wiper. Lama tak terpakai, bisa jadi karet waiper sudah mengeras.

Liputan6.com, Jakarta Hujan datang secara tiba-tiba membuat pengendara mobil harus selalu berhati-hati dan menyiapkan beberapa komponen penting, salah satunya wiper. Mampu Membantu pengendara melihat kondisi jalan saat hujan, wiper perlu diperhatikan agar berfungsi optimal.

Seperti dilansir Hyundai Indonesia, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar wiper bisa berfungsi maksimal saat turun hujan. Untuk menjaga kondisi wiper agar tetap baik, berikut ulasannya:

1. Karet

Ini adalah bagian yang memiliki peranan penting untuk menyapu air hujan ataupun kotoran yang ada di kaca depan. Jika karet sudah mulai getas alias keras, maka bisa dipastikan bahwa daya sapu dari wiper tersebut tidak akan normal.

Nah jadi coba Anda cek dulu karet wiper mobil Anda, kalau sudah keras atau getas, maka Anda diwajibkan untuk mengganti peranti tersebut.

2. Jangan Dilap

Dalam melakukan perawatan kepada wiper mobil, rupanya ada sebuah rahasia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Jika Anda membersihkan karet wiper ini sendiri, maka jangan pernah mengelap bagian pinggir karet.

Karena di bagian tersebut terdapat lapisan kimia yang berfungsi untuk menyapu kotoran dari kaca depan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Cairan Khusus

Saat membersihkan wiper, Anda bisa menggunakan cairan khusus, wiper fluid, agar hasil yang didapat lebih maksimal. Kurangi pemakaian air biasa dalam memberishkan karet wiper agar karet tidak mudah rusak.

Pada saat membeli cairan pembersih khusus wiper, jangan lupa untuk baca panduan penggunaannya. Ini penting, agar takarannya benar-benar pas.

4. Pelumas Poros

Jangan lupa semprotkan pelumas khusus pada bagian poros wiper. Ini berguna untuk menjaga kelancaran kerja wiper itu sendiri. Bisa menggunakan spray cleaner.

3 dari 3 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.