Sukses

Alarm Mobil Tiba-Tiba Error, Atasi dengan Empat Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Selama pemakaian kendaraan bermotor, bukan berarti alarm akan selalu dalam kondisi baik. Bisa saja tiba-tiba alarm error, tak mau merespons remote atau bahkan sensor lain yang memungkinkan alarm kendaraan itu berbunyi.

Jika begitu, pemilik kendaraan tak perlu auto-panik. Pasalnya, memperbaiki alarm kendaraan bermotor bisa dilakukan sendiri. Caranya pun cukup mudah.

Berikut 4 cara memperbaiki alarm mobil yang mendadak error dikutip dari laman Auto2000:

Mengganti Aki

Aki yang soak bisa menjadi penyebab mengapa alarm mobil bisa menjadi error. Ciri alarm yang rusak karena aki soak yakni suara alarm yang terdengar lemah saat membuka kunci mobil

Untuk memperbaikinya, cukup mengganti aki mobil. Ingat ya, saat mengganti aki, kondisi mobil harus mati lalu buka kap mesin dan Otolovers pun bisa menggantinya.

Memperbaiki Sekring

Penyebab alarm mobil error juga bisa bersumber dari sekring mobil. Sekring sendiri adalah komponen kelistrikan pada mobil yang bertugas menjaga arus listrik.

Jika sekring rusak, maka komponen mobil yang berhubungan dengan listrik pun akan mengalami gangguan, termasuk alarm mobil. Untuk memperbaikinya cukup mengganti dengan sekring baru.

Langkah pertama, buka panel sekring yang biasanya berada di bawah kemudi atau dashboard atau cek buku manual untuk mengetahui posisi pastinya.

kemudian lepas sekring yang lama dan ganti dengan yang baru. Pastikan kapasitas sekring sama ya Otolovers.

 

2 dari 2 halaman

Perbaiki Frekuensi Alarm

Alarm mobil bekerja menggunakan gelombang radio. Perlu diketahui, jika memarkir mboil di tempat yang memiliki gelombang radio, seperti di dekat menara pemancar radio atau Base Transceiver Station (BTS), gelombang audio pada alarm pun akan terganggu.

Sinyal dari remote akan kesulitan mencari receiver pada mobil karena gelombang radio lain. Cara memperbaiki alarm mobil yang error seperti ini sangat simpel. Cukup mendekatkan remote ke mobil.

Cara ini bisa membantu alarm mobil menemukan frekuensinya kembali. Remote pun bisa terhubung kembali.

Mengganti Baterai Alarm

Ini adalah cara paling simpel dan sering dilakukan. Pasalnya, baterai remote alarm yang sudah habis kerap menjadi biang kerok mengapa alarm mobil tidak responsif ataue error.

Cukup baterai remote alarm. Cek model baterai apa yang dipakai remote alarm mobil. Biasanya ada dua model, yakni model pipih atau model baterai konvensional dengan ukuran A27.

Sumber: Otosia.com