Sukses

Pandemi Hantam Sektor Otomotif, Pangsa Pasar Suzuki Malah Naik

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif Tanah Air mengalami penurunan karena pandemi Corona Covid-19. Namun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru mengalami peningkatan pangsa pasar pada periode Januari hingga Agustus 2020.

Berdasarkan data yang diterima Liputan6.com, secara retail jenama berlambang huruf 'S' ini berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar tertinggi secara nasional sebesar 2,6 persen, periode Januari hingga Agustus 2020.

Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Suzuki sebesar 9,82 persen dan tahun ini menjadi 12,42 persen.

Pertumbuhan pangsa pasar Suzuki ini didominasi new Carry yang berkontribusi 53 persen terhadap penjualan ritel nasional Suzuki, atau sejumlah 23.856 unit.

Tidak hanya menjadi kontributor terbesar, pangsa pasar pikap Suzuki ini pada periode Januari-Agustus 2020 juga naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara pada Agustus 2020, new Carry menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit.

 

2 dari 3 halaman

Model Lain

Dijelaskan Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, persaingan semakin ketat karena pasar mulai tumbuh kembali setelah sempat melemah.

"Tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun kami berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19," jelas Donny dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Selain mobil komersialnya, dua model produksi dalam negeri Suzuki juga menjadi penyumbang terbesar peningkatan pasar.

Pertama, adalah all new Ertiga dengan kontribusi 6.870 unit atau sekitar 15 persen, kedua Suzuki XL7 sebanyak 5.095 unit atau 11 persen.

Sedangkan untuk model-model unggulan Suzuki lainnya, seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: