Sukses

Wacana Sepeda Masuk Jalan Tol, Ini Jawaban Ditlantas Polda Metro

Sepeda lagi-lagi menjadi sorotan di Indonesia. Kini sepeda balap atau road bike sedang direncanakan agar bisa masuk ke jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda lagi-lagi menjadi sorotan di Indonesia. Kini sepeda balap atau road bike sedang direncanakan agar bisa masuk ke jalan tol. Wacana ini dinilai cukup berisiko, karena kendaraan roda dua melintas di jalan tol sangat berbahaya.

Menanggapi wacana ini, Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat. "Kami menunggu Kementerian PUPR apakah diizinkan atau tidak," kata Sambodo, Jumat (28/8/2020) disitat dari laman Korlantas Polri.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan bahwa pihaknya tentu akan mengkaji terlebih dahulu tentang hal tersebut, agar lebih matan. Pihaknya juga akan melakukan survei terlebih dahulu jika Kementerian PUPR menyetujui wacana tersebut.

"Kami akan kaji dan survei dulu," tegasnya.

Sementara itu, jalan tol di Indonesia yang hingga kini bisa dilewati kendaraan roda dua, sepeda motor. Keduanya adalah jalan Tol Suramadu dan jalan Tol Bali Mandara.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Beli, Sepeda Brompton Bisa Disewa Rp19 Ribu per Hari

Brompton berencana untuk meluncurkan layanan sistem sewa dengan jangka waktu bulanan atau tahunan. Dengan layanan ini diharapkan masyarakat bisa menggunakan sepeda lipat ini tanpa membelinya.

Ide menghadirkan layanan sewa sepeda ini muncul melihat permintaan sepeda Brompton yang meningkat sejak masa pandemi Covid-19.

Menurut laman The Guardian, tingkat penggunaan sepeda di Inggris melonjak hingga 300 persen dalam beberapa hari terakhir. Data tersebut dikutip dari Departemen Transportasi Inggris.

Bagi konsumen yang berminat untuk berlangganan sepeda Brompton M3L, konsumen dikenai tarif 30 poundsterling per bulan, atau kira-kira 1 poundsterling sehari, untuk komitmen selama 12 bulan. Jika harga tersebut dikonversi ke dalam rupiah, maka kira-kira Rp 581.000 per bulan, atau Rp 19.000 sehari.

3 dari 3 halaman

Biaya Sewa

Biaya asuransi, perbaikan, dan servis dua kali setahun sudah termasuk dalam biaya berlangganan tersebut.

Julian Scriven, Direktur Pelaksana Brompton Bike Hire, memberikan penjelasan lebih dalam mengenai program berlangganan Brompton kali ini. “ Permintaan sangat tinggi selama beberapa bulan terakhir, baik untuk pabrikan dan ritel Brompton, dan persewaan sepeda." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.