Sukses

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Charge HP di Sepeda Motor

Fitur soket pengisian baterai handphone sudah menjadi fitur yang mudah ditemui pada sepeda motor. Penempatannya bermacam-macam, ada yang di bagian depan dan ada juga yang di bagasi.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur soket pengisian baterai hp sudah menjadi fitur yang mudah ditemui pada sepeda motor. Penempatannya bermacam-macam, ada yang di bagian depan dan ada juga yang di bagasi.

Soket pengisian handphone itu memanfaatkan energi aki sebagai energi listrik utama. Hal itu tentu memengaruhi ketersediaan aki pada motor sehingga perlu diperhatikan beberapa hal yang mungkin bisa membuat aki boros.

Jika aki soak, maka performa motor pun ada yang kurang. Seperti, klakson yang mengeluarkan suara serak dan tidak nyaring.

Selain itu, sepeda motor juga akan susah dinyalakan jika aki mulai soak. Maka itu, perhatikan baik-baik cara memanfaatkan fitur tersebut.

Dikutip dari Suzuki Indonesia, ada tiga cara agar Otolovers bisa mengecas hp tanpa menyebabkan aki mudah soak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Tidak Terlalu Sering Pakai Fitur Charge di Motor

Ada baiknya menggunakan fitur charge di motor saat kondisi mendesak saja. Jika terlalu sering menggunakan fitur tersebut, bisa mempercepat aki menjadi tekor hingga soak. Hal itu karena konsumsi daya yang terlalu sering bisa melebihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor.

2. Charge Hp Saat Motor Sudah Menyala

Sumber energi listrik yang didapat ketika motor diam adalah dari aki. Hal tersebut tentu saja membuat konsumsi terhadap energi aki menjadi lebih tinggi. Maka, ada baiknya jika charge Hp saat motor sedang menyala atau sedang dikendarai.

Pasalnya, sumber energi lain ketika motor menyala bisa diperoleh dari aktivitas bahan bakar motor. hal ini tentu bisa mengurangi daya konsumsi aki yang berlebih ketika charging hp dilakukan.

 

3 dari 3 halaman

3. Tidak Mengoperasikan Hp Ketika Charging

Pengisian daya akan lebih maksimal jika handphone tidak melulu dioperasikan ketika sedang diisi daya. Hal tersebut juga berlaku ketika mengisi baterai di rumah atau di motor.

Selain itu mengoperasikan handphone ketika berkendara juga tidak dianjurkan. Itu adalah pelanggaran lalu lintas dan bisa membahayakan keselamatan di jalan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.