Sukses

Mengenal Penyebab Indikator di Instrumen Panel Mobil Menyala

Liputan6.com, Jakarta - Panel instrumen mobil dilengkapi dengan berbagai macam indikator. Fungsi indikator tersebut adalah menyampaikan informasi penting jika sesuatu terjadi pada mobil.

Dikutip dari Suzuki, Selasa 2 Juni 2020, lampu indikator mobil menunjukkan beberapa pertanda, misalnya suhu, tekanan oli, dan lain-lain.

Ketika indikator terus menyala, berarti mobilmu memiliki suatu masalah dan harus segera diperbaiki. Hal ini juga bisa mengganggu konsentrasi kamu ketika dalam perjalanan.

Jika indikator mobil terus menyala, pastikan untuk segera mencari tahu penyebabnya dan langsung memperbaikinya. Biasanya, lampu indikator berkaitan dengan mesin atau bagian-bagian penting mobil. Yang perlu dikhawatirkan adalah mesin atau bagian-bagian penting mobil jika mengalami kerusakan.

2 dari 5 halaman

Pertama, Lampu Indikator Aki Menyala

Ketika lampu indikator aki pada mobil menyala terus berarti ada masalah pada aki mobil. Kamu harus segera mengganti daya aki mobil. Jika tidak segera menggantinya, kerusakan pun dapat terjadi pada mobil.

Kedua, Lampu Indikator Oli Menyala

Biasanya keberadaan oli mesin mobil habis dan ini membuat indikator oli terus menyala. Ini bisa diatasi jika kamu mengganti oli dengan yang baru.

3 dari 5 halaman

Ketiga, Lampu Indikator Airbag Menyala

Airbag biasanya hadir pada jenis-jenis mobil yang baru. Apabila indikator airbag di mobil terus menyala, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan airbag mobil tersebut. Karena airbag ini berhubungan dengan sistem keselamatan di mobil, pastikan kamu menangani masalah pada airbag ini.

  

4 dari 5 halaman

Keempat, Lampu Indikator Engine Check Menyala

Jika indikator engine check menyala, artinya ada kerusakan di bagian mesin atau sesuatu yang tidak berfungsi di mesin. Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau malfungsi di mesin mobil supaya tidak ada kerusakan yang lebih buruk.

Kelima, Lampu Indikator Antilock Braking System (ABS) Menyala

Jika lampu indikator ini terus menyala, bisa dipastikan bahwa ABS mengalami kerusakan, atau ada hal yang salah pada ABS mobil. Hal ini harus segera diperbaiki guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: