Sukses

Mobil Kecil Sering Terlibat Kecelakaan, Ini Buktinya

Setiap 3 tahun sekali Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) membandingkan tingkat kematian dengan jumlah mobil yang terdaftar di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 3 tahun sekali Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) membandingkan tingkat kematian dengan jumlah mobil yang terdaftar di Amerika Serikat.

Dilansir Zing, angka terbaru evaluasi mereka menunjukkan bahwa mobil kecil sering terlibat kecelakaan dan menyebabkan pengemudinya tewas. Setiap 108 kematian dalam 1 juta kendaraan terdaftar, didominasi oleh mobil kecil.

Sementara itu, jumlah mobil besar yang terlibat hanya ada 52 kasus. Laporan IIHS menempatkan Ford Fiesta di daftar teratas mobil paling mematikan.

Setidaknya ada 141 pengemudi tewas pada total 1 juta kendaraan yang terdaftar dalam beberapa tahun terakhir. Sedangkan Volkswagen Golf disebut tidak terlibat dalam kecelakaan fatal.

Di sisi lain, mobil SUV seperti Porsche Cayenne dan Mercedes-Benz C-Class memiliki tingkat kematian yang sangat rendah. Angkanya hampir mendekati 0. Sementara SUV besar seperti Chevrolet Suburban menyebabkan 8 kematian pengemudi.

Sumber: Otosia.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Milik Daihatsu, Ini Mobil Kecil Honda yang Jadi Terlaris di Jepang

Berbeda dengan negara lain di belahan dunia, Jepang memiliki pasar tersendiri bagi mobil kecil alias kei car. Berbagai model ditawarkan oleh para pabrikan asli Negeri Matahari Terbit, dan menjadi model terlaris selama bertahun-tahun.

Melansir laman resmi Carscoops, Minggu (12/1/2020), mobil terlaris tahun lalu di Jepang, adalah Honda N-Box. Model dari pabrikan berlambang huruf H ini, terjual sebanyak 253.500 unit sepanjang 2019.

Honda N-Box sendiri diperkenalkan pertama kali pada 2011 di Jepang. Pada pertengahan 2017, Honda memperkenalkan N-Box generasi kedua, yang menjadi model paling sukses sejauh ini, hingga mencapai posisi nomor satu di peringkat mobil terlaris di Jepang setiap tahunnya.

Secara total, model ini mampu mencapai penjualan total sebanyak 1,7 juta unit sejak 2011. 

3 dari 4 halaman

Honda N-Box

Honda N-Box ditawarkan dalam tiga varian, yaitu N-Box, N-Box Slash, dan N-Box Custom. Harga mulai dari 1.411.300 yen untuk model dasar, 1.447.600 yen untuk Slash, dan 1.996.500 yen untuk Custom.

Setiap varian tersedia dengan penggerak empat roda. Selain jajaran N-Box, Honda menjual tiga mobil kei car lain, yaitu N-One, N-WGN, dan S660.

Semua pembuat mobil Jepang menawarkan kei car di pasar dalam negeri, di mana kategori mobil ini ditemukan pada 1949 oleh pemerintah. Di bawah peraturan terbaru dari 1998, kei car harus memiliki mesin dengan kapasitas maksimum 660 cc, dan daya maksimum 64 PS (63 Tk). Selain itu, panjang mobil ini tidak boleh lebih dari 3.400 mm dan lebar lebih dari 1.480 mm.   

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.