Sukses

Bukan Milik Daihatsu, Ini Mobil Kecil Honda yang Jadi Terlaris di Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan negara lain di belahan dunia, Jepang memiliki pasar tersendiri bagi mobil kecil alias kei car. Berbagai model ditawarkan oleh para pabrikan asli Negeri Matahari Terbit, dan menjadi model terlaris selama bertahun-tahun.

Melansir laman resmi Carscoops, Minggu (12/1/2020), mobil terlaris tahun lalu di Jepang, adalah Honda N-Box. Model dari pabrikan berlambang huruf H ini, terjual sebanyak 253.500 unit sepanjang 2019.

Honda N-Box sendiri diperkenalkan pertama kali pada 2011 di Jepang. Pada pertengahan 2017, Honda memperkenalkan N-Box generasi kedua, yang menjadi model paling sukses sejauh ini, hingga mencapai posisi nomor satu di peringkat mobil terlaris di Jepang setiap tahunnya.

Secara total, model ini mampu mencapai penjualan total sebanyak 1,7 juta unit sejak 2011.

Honda N-Box ditawarkan dalam tiga varian, yaitu N-Box, N-Box Slash, dan N-Box Custom. Harga mulai dari 1.411.300 yen untuk model dasar, 1.447.600 yen untuk Slash, dan 1.996.500 yen untuk Custom.

Setiap varian tersedia dengan penggerak empat roda. Selain jajaran N-Box, Honda menjual tiga mobil kei car lain, yaitu N-One, N-WGN, dan S660.

Semua pembuat mobil Jepang menawarkan kei car di pasar dalam negeri, di mana kategori mobil ini ditemukan pada 1949 oleh pemerintah. Di bawah peraturan terbaru dari 1998, kei car harus memiliki mesin dengan kapasitas maksimum 660 cc, dan daya maksimum 64 PS (63 Tk). Selain itu, panjang mobil ini tidak boleh lebih dari 3.400 mm dan lebar lebih dari 1.480 mm.

2 dari 3 halaman

Berkenalan dengan Kei Car, Mobil Mungil Andalan Pabrikan Jepang

Jika berbicara mobil yang banyak beredar di Jepang, salah satu jawabannya adalah jenis kei car. Hampir semua pabrikan mobil asal Negeri Matahari Terbit memiliki mobil kecil ini, karena memang masih populer dan penjualannya cukup tinggi.

Laris manisnya penjualan kei car di Jepang memang didukung beberapa peraturan dari pemerintah, seperti pajak yang lebih kecil, tarif penggunaan tol dan parkir yang lebih murah, serta faktor pendukung geografis lainnya, seperti kondisi jalan dan parkir yang sempit.

"Kei car memang banyak digunakan dalam kota, hanya untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Sebenarnya, spesifikasi kei car juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh atau ke luar kota," jelas Ei Mochizuki, GM Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ditemui Liputan6.com, Hamamatsu, Jepang, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dengan peraturan pemerintah yang ada, memang ada beberapa spesifikasi khusus untuk kei car. Salah satunya, mesin mobil kecil ini maksimal 660 cc. Jadi, banyak kei car yang hanya memiliki mesin 658 cc saja.

Selain itu, dimensi juga diatur, meskipun banyak kei car dari berbagai model dan merek memang seperti memiliki dimensi yang mungil.

Untuk panjangnya, maksimal 3,4 meter, lebar 1,48 meter, dan tinggi 2 meter. Dengan dimensi tersebut, banyak desain kei car yang memang lebih mengotak atau boxy.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bocoran Sosok Daihatsu Taft Sang Penantang Suzuki Jimny Meluncur Tengah Tahun