Sukses

Mengulik Pilihan Ban Baru untuk NMax dari IRC

Liputan6.com, Jakarta - IRC Tire membuat ukuran baru ban Exato ring 13 yang ditujukan untuk Yamaha NMax. Sebelumnya, IRC Exato hanya tersedia dalam ukuran 14 dan 17 inci.

"IRC Exato untuk NMax ini kami buat karena adanya permintaan. Kami juga sudah survey, baik ke outlet maupun customer," kata Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development IRC Tire.

Lantaran modelnya juga sudah eksis, otomatis pengembangannya tidak membutuhkan waktu lama. Apalagi IRC juga bertindak sebagai produsen resmi ban bawaan NMax.

Mudah karena cetakannya sudah tersedia. Ini pula yang akhirnya membuat mereka hanya menjalankan tes tertutup, tanpa melakoni uji di jalan sebenarnya.

"Karena sudah ada di ukuran sebelumnya, jadi develop-nya cepat. Makanya kita hanya tes di indoor menggunakan mesin. Tapi simulasinya seperti pengetesan di jalan biasa. Mulai dari high speed. Dites dengan kecepatan naik terus sampai kecepatan maksimum ban. Kemudian long run. Pengetesannya, ban diputar secara terus menerus dengan memakai beban dan kecepatan sama sampai ban itu jebol. Dan terakhir, endurance. Kalau lolos, baru siap jual," papar Dodi saat berbincang secara virtual, Selasa (14/4).

Sementara mengenai ketersediaannya, dia menerangkan ban ini hadir dalam beberapa ukuran. Pertama untuk size standar yaitu 110/70-13 dan 130/70-13 (depan-belakang). Lalu yang kedua, pilihan upsize yaitu 120/70-13 dan 140/70-13. Dodi menambahkan, opsi untuk yang mau naik ukuran itu dipilih karena memang paling laku di pasaran.

Namun, Anda yang tertarik masih harus bersabar. Pihak IRC belum mendistribusikannya ke jaringan penjualan mereka, begitu juga mengenai informasi harga.

"Ban sudah siap, rencananya akan beredar di semester pertama tahun ini. Untuk harga juga belum bisa bilang, tapi kalau yang ukuran standar mirip-mirip dengan ban OEM NMax," sahut fans berat Didi Kempot itu.

2 dari 2 halaman

Bakal Diekspor

Pilihan menarik. Pasalnya IRC Exato memiliki desain pattern full directional yang dilengkapi teknologi multi linear groove. Alhasil menjadikan tampilannya agresif.

Pola demikian juga diklaim memberi feedback optimal dalam hal pengendalian serta kenyamanan berkendara. Baik di trek lurus, tikungan maupun jalanan basah. Layak ditunggu!

Juga buat pemilik NMax di negara lain. Dodi mengaku IRC Exato juga akan diekspor, terutama Filipina. Apalagi menurutnya, market negara itu terbilang besar bagi produsen ban asal Indonesia ini.

"Saya sudah lihat langsung NMax itu di Filipina sekarang jadi trend setter, banyak di jalanan. Di sana mereka sudah banyak yang lari ke skuter-skuter premium seperti NMax," ungkapnya lagi.

Agar dapat disebar ke luar negeri, tentu ada persyaratan mutlak yang mesti dipenuhi. Dodi menyebut IRC Exato sudah pasti memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Tapi untuk kebutuhan ekspor, ban ini juga sesuai dengan standardisasi Eropa. Biasanya ditandai logo E4 (dibaca E-Mark) yang umumnya tertera pada dinding ban.

Sumber: Oto.com