Sukses

Mengenal Nissan GT-R, Mobil Sport Wakil Jaksa Agung yang Merupakan Model Legendaris Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu merek otomotif asal Jepang, Nissan memiliki salah satu model performa tinggi legendaris, dengan nama Nissan GT-R. Mobil sport ini sangat populer di dunia dan banyak digemari pecinta roda empat, dan digunakan berbagai ikon seperti dalam film.

Jika berbicara sejarahnya, Nissan GT-R dimulai sekitar 1969 hingga 1974 silam yang ketika itu Nissan memproduksi Skyline coupe dengan nama Skyline GT-R. Sejak itu, nama tersebut memiliki prestasi yang luar biasa di lintasan balap, dan digemari di jalanan umum.

Lalu, apa sih kepanjangan GT-R?

Melasnsir Topspeed, GT-R sejatinya merupakan singkatan dari Gran Turismo Racer. Kala itu, Nissan menggunakan GT-R sebagai senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan mobil cepat mereka di negara-negara barat.

Seri terbaru Nissan GT-R kini dibekali dengan mesin V6 twin turbo (hand built) yang diklaim memiliki power hingga 419 kW dan torsi mencapai 632 Nm.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Penggerak

Sistem penggeraknya mengandalkan pola all-wheel drive yang mendapat saluran tenaga dari transmisi 6-percepatan. Sistem transmisi pun tiga tipe settingan berkendara.

Ada setidaknya 4 varian yang ditawarkan menyesuaikan dengan negara pemasarannya. Seperti di Australia, Nissan GT-R tersedia dalam seri Premium, Premium Luxury Trim, Track Edition engineered by NISMO dan NISMO.

3 dari 4 halaman

Tembus Rp18 Miliar

Untuk Nissan GT-R 50th Anniversary edition ada sejumlah perbedaan teknis. Varian ini dibuat 54 mm lebih rendah dibanding basisnya, Nissan GT-R Nismo. Hal ini nantinya berpengaruh pada aerodinamikanya.

Mengutip dari Motor1.com, Nissan GT-R 50th Anniversary Edition akan dikirim ke konsumen mulai akhir 2020 mendatang. Khusus varian ini, mendapat sentuhan Eropa dari desainer asal Italia, Italdesign. Rumah desain ini sendiri pada 2018 lalu juga berusia 50 tahun.

Untuk urusan performa, Nissan GT-R 50th Anniversary Edition dibekali mesin 3.800 cc V6 twin-turbicharger yang dimodifikasi. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan 710 Tk dengan torsi maksimum mencapai 780 Nm.

Lantaran terlahir sebagai edisi spesial, Nissan GT-R 50th Anniversary Edition diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya 50 unit. Harganya pun terbilang tinggi, GBP999.000 atau Rp18,4 miliaran belum termasuk pajak (Kurs GBP1 = Rp18.434).

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: