Sukses

Perhatikan Hal-Hal Ini Kala Melintasi Jalanan Rusak

Konsentrasi ekstra dibutuhkan saat berkendara melewati jalan yang rusak, seperti bergelombang, berlubang, dan berbatu. Hal ini agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Konsentrasi ekstra dibutuhkan saat berkendara melewati jalan yang bergelombang, berlubang, dan berbatu. Hal tersebut agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, jalan rusak juga membuat pengendara cepat letih dan membuat beberapa komponen kendaraan rentan rusak, seperti pelek dan ban.

Nah bagi pengendara yang sering melintasi jalan rusak, berikut trik dan tipsnya supaya aman saat naik motor, seperti dilansir Federal Oil:

1. Pandangan harus jauh ke depan, supaya kita bisa mengetahui kondisi jalan dan lalu lintas yang hendak dilalui.

Apabila di depan ada lubang atau ada jalan yang rusak kita bisa menghindar dan memperlambat laju motor kita dari jauh

2. Jika melintasi jalan rusak dengan kondisi lalu lintas padat, jaga jarak dengan kendaraan lain, usahakan jangan terlalu dekat terlebih dengan kendaraan besar atau mobil

3. Jika mendadak melihat lubang, usahakan turunkan gas motor dan rem bagian depan serta belakang agar tidak oleng atau slip.

Saat ingin menghindari lubang, jangan lupa melihat kaca spion terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turunkan Gas

Apabila jarak pengereman sangat pendek dan harus melintasi lubang, tetap turunkan gas dan angkat pinggul diikuti lutut dan siku yang sedikit ditekuk serta genggam setang kemudi dengan kuat.

Hal ini dilakukan agar kaki dan tangan pengendara tidak terlalu kaku saat melintasi lubang. Bila mengetahui pengendara di depan akan menghadapi lubang, cobalah mengurangi kecepatan dan memberi kesempatan menghindar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini