Sukses

Mitsubishi Fuso Klaim Produknya Aman Tenggak Solar B30

Demi mendukung kebijakan pemerintah, Mitsubishi Fuso sebagai pemain besar di segmen kendaraan komersial Tanah Air menyatakan produk-produknya aman jika menenggak solar B30

Liputan6.com, Jakarta - Solar B30 sudah mulai didistribusikan Pertamina per awal tahun ini. Demi mendukung kebijakan pemerintah, Mitsubishi Fuso sebagai pemain besar di segmen kendaraan komersial Tanah Air menyatakan produk-produknya aman jika menenggak solar dengan kandungan minyak sawit tersebut.

"Sebagai regulasi pemerintah, Fuso mendukung kebijakan tersebut. Secara internal kami juga sudah melakukan road test internal B30 terhadap beberapa produk kami," ujar Head Of PR & CSR Departement PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Dony Hermawan di Jakarta, Selasa (28/1/2019).

Dirinya menyebutkan, pengujian B30 yang dilakukan bersama pemerintah ini menggunakan Mitsubishi Fuso Canter.

"Dalam road test ini kami ikut pemerintah dan mengikuti standar-standar uji coba dari mereka (pemerintah). Pengujian dilakukan sejauh 40 ribu kilometer," katanya.

Di tempat yang sama, Deputy Group Head of Branding Group KTB Sudaryanto menyebutkan, selama pengetesan tidak ada ubahan signifikan pada kendaraan yang diuji.

"Saat pengetesan, secara produk tidak banyak perubahan spek cuma memang ada beberapa penambahan spare part terutama di saringan bahan bakar," ujar pria yang karib disapa Toto tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

B30 Disebut Perpendek Usia Fuel Filter

Sebelumnya, penggunaan solar B30 pada truk disebut-sebut berdampak pada kerja fuel filter atau saringan bahan bakar. Sifat pencuci yang dimiliki bahan bakar B30 membuat fuel filter akan lebih cepat diganti.

Mengenai hal ini, KTB bersama dilernya siap membantu menangani kendaraan konsumen terutama model existing yang terkendala terkait penggunaan solar B30. Tetapi untuk produk-produk terbaru Mitsubishi Fuso, KTB menyebut telah melakukan penyesuaian.

"Untuk produk-produk yang baru sudah kami siapkan terutama komponen yang berkaitan dengan hal-hal tadi seperti saringan bahan bakar dan sebagainya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini