Sukses

Lebih Baik Helm Full Face atau Half Face Saat Musim Hujan?

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan, pengendara motor sebaiknya ekstra hati-hati saat berkendara. Hal tersebut tak terlepas dari jarak pandang yang lebih terbatas dan jalan licin usai diguyur hujan.

Sebagai perangkat keselamatan yang wajib digunakan, helm tak luput dari perhatikan dan harus selalu dijaga kualitasnya. Tak hanya itu, helm yang baik seharusnya mampu memberikan perlindungan maksimal saat mengalami benturan apabila terjadi kecelakaan.

Karenanya, pemilihan helm saat musim hujan juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan sebelum berkendara.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting atau JDDC, Jusri Pulubuhu mengatakan, saat ini terdapat dua jenis helm yang banyak digunakan pemotor untuk aktifitas sehari-hari.

"Saat ini terdapat helm full-face dan half-face yang banyak digunakan. Pandangan terbatas adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan, sehingga pemilihan helm yang nyaman sangat penting," katanya, Jumat (18/10/2019).

 

2 dari 3 halaman

Helm yang Aman

Saat disinggung helm tipe apa yang lebih aman dan nyaman digunakan saat musim hujan, Justri menyarankan helm full-face. Tak hanya saat hujan, helm full-face dinilai lebih ideal digunakan saat berkendara.

"Helm yang ideal itu tentu saja full-face. Kalau bicara minimum harus gunakan half-face. Jangan sampai tidak gunakan helm sama sekali. Kaca pada helm juga harus diperhatikan agar nyaman berkendara saat hujan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Konsumsi 3 Vitamin untuk Cegah Flu Akibat Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
Puluhan Warga Garut Layu Terserang Penyakit Chikungunya