Sukses

Cuci Helm Sendiri di Rumah, Ikuti Panduan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara motor saat musim hujan seperti sekarang ini membuat helm rentan basah. Alhasil timbul lembab dan mengeluarkan bau tak sedap.

Meskipun banyak tersedia tempat cuci helm, beberapa pemilik kendaraan enggan mengeluarkan dana lebih.

Tak hanya itu, bahan yang digunakan untuk mencuci helm di tempat pencucian tak diketahui oleh konsumen sehingga beberapa pemilik lebih memilih mencuci pelindung kepala ini di rumah.

Agar lebih mudah mencuci helm di rumah, berikut tips seperti dilansir dari laman resmi Federal Oil:

Pertama, copot semua padding helm, termasuk busa bagian atas. Meski demikian, pemilik kendaraan sebaiknya melepas padding secara perlahan agar tak rusak dan sobek.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk merendam padding. Jangan lupa siapkan ember, sabun atau shampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Isi air hangat di ember dan campurkan shampo secukupnya, lalu aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit agar kotoran rontok dan kuman mati.

Setelah 10 menit dan air mulai dingin, ambil kembali padding. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga padding kembali kinclong.

2 dari 2 halaman

Jemur di Sinar Matahari

Setelah itu rendam dengan air dingin menggunakan ember lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran mengendap pada padding.

Berikutnya, keluarkan padding lalu jemur di panas matahari. Sebaiknya padding basah jangan langsung diperas agar busa dalamnya tidak rusak.

Setelah kering, pasang kembali seperti di tempat semula dan berikan pewangi helm ke busa. Kini, helm pun tak bau apek dan siap digunakan kembali.

Loading
Artikel Selanjutnya
Terpaksa Terobos Banjir dengan Mobil Matik, Begini Caranya
Artikel Selanjutnya
Jok Mobil Rusak, Lebih Baik Diperbaiki atau Ganti Baru?