Sukses

As Roda Belakang Skutik Macet, Begini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membuka roda belakang skutik, dibutuhkan proses lebih ekstra ketimbang motor bebek. Terkadang, roda tersebut sulit untuk dicopot.

Salah satu pemicu sulitnya membuka roda belakang motor matic adalah bagian motor yang tak pernah dicek khususnya di bagian pertemuan tromol dan as roda belakang.

Dikutip dari Federal Oil, Selasa 22 Januari 2020, cara pertama untuk mengatasi roda belakang yang sulit dibuka ini adalah dibantu dengan treker. Supaya prosesnya tidak terlalu berat, terlebih dahulu berikan cairan penghancur karat.

Siapkan martil plastik agar karat yang menumpuk hancur. Karat yang terdapat di bagian alur tromol sangat rentan berkarat karena sering terkena panas dan hujan.

Ketiga, kaitkan tiga kaki treker ke lingkar luar tromol. Sementara besi poros tengah berulir diarahkan ke as roda.

2 dari 2 halaman

Tahap Selanjutnya

Kemudian, putar besi poros tengah berulir menggunakan kunci 15 mm. Lakukan perlahan sehingga tromol bergeser dan ulangi hingga teromol terpisah.

Langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah membersihkan as roda. Tentu biar nantinya tidak susah lagi dibongkar. Misalnya, hilangkan sisa karat yang nyempil di gir as roda pakai sikat kawat.

Sebelum roda dipasang kembali, jangan lupa juga bersihkan bekas sikatan kawat besi pakai kain lap. Barulah kemudian dioles gemuk.

Sumber: Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingkah Sepeda Motor Adopsi Lampu Hazard?
Artikel Selanjutnya
Risiko Mobil Rusak Lantaran Menerjang Banjir Lebih Tinggi daripada yang Terendam Banjir