Sukses

Hyundai N Berambisi Menyaingi Porsche, Intip Strateginya

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai N memiliki rencana yang cukup ambisius. Selain memperkenalkan hothatch atau hatchback kencang, rupanya pabrikan asal Korea Selatan tersebut bisa meluncurkan sportscar yang menyaingin Porsche.

 

Jelang lima tahun mendatang, produk pemacu adrenalin mereka dicanangkan semakin beragam. Diakui oleh bos Divisi N, Albert Biermann, kepada Evo, " Kami memiliki banyak model yang berada dalam tahap perencanaan dan pengembangan. Saya percaya merek N akan tumbuh lebih pesat dalam lima tahun ke depan ketimbang lima tahun sebelum. Namun, saya belum bisa mengungkapkan model apa saja."

Langit adalah batas, dan bukan tidak mungkin mereka memasuki ranah sportscar. Mantan Bos BMW M ini yakin tidak ada batasan soal finansial mengenai rencana mobil baru. Ia kemudian menyebut lebih spesifik terkait mobil sport. "Bila saya berpikir ini waktu yang tepat untuk menciptakan mobil N bermesin tengah yang menjadi rival Porsche, dan kami juga berpikir ini adalah waktu yang tepat, kami akan segera membuatnya. Sesederhana itu," ujarnya.

Dari perkataan Biermann, terdengar Hyundai sangat optimistis. Seakan tinggal menjentikkan jari. Hal ini hampir sepenuhnya benar. Mereka punya prototipe midship RM19 bertubuh Veloster. Badan hatchback hanya ditampilkan sebagai cangkang sementara, belum ada rancangan pasti soal eksterior. Ibarat laboratorium berjalan, mereka berusaha mencari ramuan midship terbaik melalui RM19.

2 dari 3 halaman

Basis Kuat

Prototipe ini semakin kuat menjadi basis pembangun sportscar mereka. Dia bilang, " Mungkin powertrain akan sedikit berbeda dari Porsche konvensional, namun secara filosofis tidak berbatas." Berkaca pada hal ini, RM19 tidak dibekali jantung flat six. Konon menggendong unit 2,0L, empat silinder segaris didukung turbo. Semakin membuktikan kesiapan Hyundai memasuki pasar mobil sport.

Fleksibilitas perusahaan pun membantu kemudahan pengembangan produk. Sebagai perusahaan keluarga, mereka sanggup bereaksi lebih gesit ketimbang korporasi besar. Tak perlu melalui banyak birokrasi untuk mengubah sesuatu, semua tergantung apa yang ingin mereka lakukan dan menyesuaikan kemana arah pasar.

 

3 dari 3 halaman

Uang Bukanlah Masalah

Uang dan nilai filosofis bukanlah sebuah isu bagi Hyundai. Permasalahan saat ini hanyalah soal pengembangan. Midship sportscar masih merupakan mainan baru. Pun pengalaman belum banyak sehingga butuh waktu untuk mengembangkan produk yang selaras identitas. Langkah awal menuju ranah mobil sport paling mungkin lewat produk layout MR sekelas Porsche Cayman, Porsche Boxter, Alfa Romeo 4C, dan lainnya.

Rancangan utama masih misteri. Bisa bayangkan roadster ala candaan April Mop mereka. Sesuaikan karakteristik layout MR dengan kabin agak maju. Bila ini terjadi, kami cukup optimistis Hyundai N mengganggu ketenangan Porsche dalam memimpin pasar. Lebih hebat lagi bila sanggup menggeser takhta Cayman/Boxter.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
BMW i8 Disuntik Mati, Siapa Penerusnya?
Artikel Selanjutnya
Hyundai Tucson Bersolek, Simak Penyegaran yang Dialami