Sukses

Hyundai H-1 Ternyata Jago Ngedrift, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - N Performance sebagai divisi sport Hyundai menghadirkan iMax N Drift Bus. MPV bertubuh bongsor ini mampu diajak drifting dengan lincah.

Versi ‘gila’ dari mobil yang dikenal sebagai H-1, terinspirasi dari candaan April Mop Hyundai Jerman. Sayang, Drift Bus hanya dibuat satu unit dan tidak dirilis ke publik.

Ide nyeleneh ini direalisasi Hyundai Australia. Mereka membangun MPV kencang tanpa menanggalkan sisi multifungsi. Memang van super ini bukan sebuah hal baru.

Dulu pernah dilakukan oleh Ford dan Renault, hasilkan Ford Transit Supervan dan Renault Espace F1. Namun tidak seperti keduanya, Hyundai mempertahankan konfigurasi delapan penumpang pada Drift Bus.

Sebuah tim kecil bekerja menciptakan racikan spesial bagi iMax. Transplantasi jantung dilakukan demi menciptakan faktor pembuat senyum. Unit CRDi 2.500 cc harus turun, digantikan mesin V6 twin turbo berkapasitas 3.500 cc. Mesinnya bernapas melalui bi-modal exhaust, meneriakkan suara segahar tampilannya.

Hasilnya spektakuler, figur keluaran daya 402 hp dan 555 Nm dicetak oleh MPV ini. Potensi jantung dipadukan transmisi otomatis delapan percepatan, untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang.

Diferensial yang digunakan pun khusus dirancang sebagai pemahat tikungan. Bisa membuat delapan orang mabuk dalam kegirangan.

Agar mempertahankan balans performa, sektor kaki-kaki dikoreksi divisi N. Peredaman bantingan terkontrol secara elektronik. Daya penghentian meningkat berkat N Performance Brake Package.

 

2 dari 2 halaman

Siap Tampil di Kejuaraan

Selain itu, kontak utama ke aspal memanfaatkan ban performa tinggi, membalut pelek 19 inci dari i30 N. Ada satu karakter unik yang diselipkan, keseimbangan bobot 50:50 tercapai bila kursi terisi penuh.

Penampilan agresif terwujud di sekujur tubuh. Bukan melalui ubahan kanal udara besar, melainkan penambahan splitter, side skirt, diffuser, dan spoiler belakang.

Hasilnya tampak seperti mobil kompetisi. Ia mengenakan baju kojo divisi N berwarna biru muda, trim hitam serta aksen merah melintang.

Masuk ke dalam interior, suguhan material khas N terpampang di sana. Terdapat lingkar kemudi spesial N berikut sport seat campuran leather dan suede. Kursi belakang dibuat senada dengan kokpit.

Bagasi 842 liter bisa digunakan sebagai pengangkut ban, mengingat MPV super ini punya nafsu tinggi untuk mengunyah habis karet ban.

Tempat H-1 versi kencang hanyalah di sirkuit balap. Ia bukan sebuah model produksi, bahkan penggunaannya dilarang di jalan raya.

Hyundai iMax N Drift Bus berlaga di Sydney Motorsport Park, Australia pada ajang World Time Attack Challenge. Membuktikan gairah Hyundai Australia atas mobil N yang kencang dan menyenangkan.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Hyundai Investasi USD 700 Juta untuk Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Kepastian Investasi Hyundai ke Indonesia Akan Diumumkan Pekan Depan