Sukses

Ini yang Bikin Daihatsu Sigra Transmisi Otomatis Kalah Laris dari Manual

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan Daihatsu Sigra di Tanah Air masih didominasi versi transmisi manual. Bahkan, perbandingan dua tipe ini cukup jauh, dengan kontribusi versi manual yang mencapai 95 persen dan versi otomatis yang hanya 5 persen.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kurang lakunya Daihatsu Sigra otomatis yang pertama karena dipengaruhi dengan harga, atau selisih banderol dengan versi otomatis yang cukup jauh, sekitar Rp10 jutaan.

"Kenapa manual lebih laku daripada matik? Pertama karena perbedaan haraga. Jika konsumen ingin membeli Daihatsu Sigra yang transmisi otomatis, mereka harus nambah lagi sekitar Rp10 jutaan," ujar wanita yang akrab disapa Amel ini di sela-sela peluncuran new Astra Daihatsu Sigra, di Summarecon Mall, Serpong, Tangerang.

Dengan selisih hingga double digit tersebut, menjadi harga yang tidak kecil bagi konsumen low cost green car (LCGC). Jadi, konsumen akan lebih memilih transmisi manual, yang memang jauh lebih murah.

Sebagai informasi, penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 675 ribu unit hingga Agustus 2019. Jumlah tersebut, turun 11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan segmen LCGC sendiri, telah mencapai penjualan sebesar 143.632 unit atau turun 4 persen dibanding periode sebelumnya.

2 dari 2 halaman

Penjualan Sigra

Namun, kontribusi di segmen LCGC sendiri meningkat dari 19,7 persen pada 2018, menjadi 21,3 persen pada 2019.

Sementara itu, penjualan LCGC Daihatsu meningkat 6 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, dari total 47.622 unit menjadi 49.093 unit. Atau kenaikan kontribusi dari 37 persen menjadi 43 persen.

Daihatsu Sigra sendiri, mengalami peningkatan kontribusi dari 25 persen menjadi 29 persen, yaitu dari total 31.813 unit tahun lalu, menjadi 33.718 unit pada tahun ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jelajah Jawa Barat dengan Daihatsu Sigra Terbaru, Apa Keunggulannya?
Artikel Selanjutnya
Pengembangan Daihatsu Sigra Melibatkan Anak Bangsa, Ini Buktinya