Sukses

Mobil Lebih Sering Terparkir di Garasi, Jangan Lupakan Hal ini

Tidak semua pemilik mobil menggunakan kendaraannya setiap hari. Ada yang mobilnya lebih sering berdiam di garasi ketimbang melenggang di jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Perluasan ganjil genap kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan di Jakarta akan dilaksanakan mulai 9 September 2019. Sosialisasi pun sudah dimulai sejak 7 Agustus hingga 8 September 2019 dan langkah selanjutnya ialah uji coba mulai 12 Agustus - 6 September 2019.

Hadirnya peraturan ini membuat pemilik mobil harus mencari alternatif kendaraan lain seperti motor ataupun sarana transportasi publik.

Dengan kondisi tersebut, mobil akan lebih sering disimpan di garasi, sehingga mobil bisa saja lebih cepat berdebu dan akhirnya berjamur.

Saat tersimpan, banyak pemilik mobil memilih untuk menutupnya dengan sarung sebagai upaya mencegah hadirnya debu dan jamur. 

Namun hal itu ternyata bukan cara yang ampuh. Seperti dilansir Garda Oto, Jumat (9/8/2019) penggunaan sarung mobil dalam jangka panjang ternyata dapat membuat debu terus menempel dan memperbesar kemungkinan munculnya jamur.

Apabila jamur muncul di bagian bodi mobil, tentu tampilan cat mobil menjadi kusam. Lalu bagaimana menghindari hal ini terjadi?

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Mobil

Pemilik sebaiknya membiarkan mobil terparkir di garasi tanpa menggunakan sarung ketika tidak menggunakannya cukup lama.

Penggunaan sarung mobil ternyata dapat membuat udara terjebak, sehingga suhu lembab yang seharusnya keluar akan menjadi bercak jamur pada bodi mobil.

Meski demikian, hal ini juga berlaku bila mobil terparkir di ruangan terbuka, sehingga debu harus rajin dibersihkan pemilik kendaraan.

Bila kotor hanya karena debu, Anda cukup membersihkannya dengan cara dilap. Namun bila mobil terkena hujan, maka Anda perlu mencucinya sebelum memasukkan mobil kembali ke garasi.

Jika masih ingin menggunakan sarung, Anda harus lebih rajin membersihkan mobil. Pemilik juga sebaikya menggunakan mobil bila sudah cukup lama terparkir. Hal ini berguna mencegah terjadinya kerusakan mesin dan menghilangkan debu yang menumpuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.