Sukses

Mudik Pakai Sepeda Motor, Pilih Tas atau Box?

Bagi Anda yang berencana mudik Lebaran 2019 menggunakan sepeda motor, bisa menambah beberapa aksesori agar perjalan lebih nyaman, salah satunya ialah ruang penyimpanan tambahan, seperti box motor dan tas khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berencana mudik Lebaran 2019 menggunakan sepeda motor, bisa menambah beberapa aksesori agar perjalanan lebih menyenangkan.

Salah satunya ialah ruang penyimpanan tambahan, seperti box motor dan tas khusus. Lantas, lebih baik memasang box atau tas? Apa kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasan berikut ini:

Tas Motor

Tas pada motor sebenarnya terdiri dari berbagai macam. Tank bag merupakan tas yang ditempelkan pada tangki dan didesain untuk pengguna motor sport. Kemudian ada tail bag yang terletak di atas jok belakang dan side bag di samping body motor.

Harga tas motor terbilang lebih murah ketimbang box. Selain itu, pemasangannya cukup mudah tanpa harus membeli part tambahan lain. Tank bag biasanya dilengkapi dengan magnet sehingga bisa melekat pada tangki depan motor sport. Sedangkan tail bag dan side bag memiliki sistem pengikat khusus sehingga tidak akan mudah terjatuh di perjalanan.

Sayangnya, karena terbuat dari kain, tas tak terlalu aman untuk ditinggal di atas motor saat beristirahat. Selain itu, saat diguyur hujan, air bisa merembes ke bagian dalam. Namun, biasanya, tas motor sudah dilengkapi dengan rain cover khusus. Selain itu, ada juga duffle bag yang berbentuk layaknya tas travel biasa namun terbuat dari bahan kedap air.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Box Motor

Salah satu aksesori yang terbilang cukup tren ialah box motor. Biasanya, komponen ini digunakan oleh anggota komunitas motor untuk menampung barang bawaannya ketika touring atau sekedar pergi ke kantor maupun kampus.

Kelebihan dari box motor ialah materialnya yang terbuat dari plastik keras. Hal ini membuat barang bawaan tetap kering meski harus diguyur hujan di tengah perjalanan. Selain itu, box motor biasanya dilengkapi dengan kunci sehingga lebih aman ketika ditinggal beristirahat.

Namun, kelebihan tersebut membuat harganya menjadi cenderung mahal, terlebih untuk box yang terbuat dari bahan aluminium atau pun produk merek ternama. Selain itu, Otolovers harus membeli dudukan atau bracket sebelum box bisa terpasang.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.